KERANGKA PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

 

PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

1

Judul

Meningkatakan Partisipasi Guru dalam PBM Menggunakan Supervisi Pembelajaran Klinis pada Guru di SMP Negeri 1 Kusan Hulu Tahun 2014

2

Latar Belakang

  1. Jumlah guru di SMP Negeri 1 sedikit sehingga memungkinkan guru mendapat tugasa tambahan di luar tugas pokoknya sebagai guru pata pelajaran misalanya sebagai Bendaharawan BOS/BOP, Operator DAPODIK, Operator PADAMU NEGERI, Operator Pengelolaan ASET, Pembina OSIS, padahal beban mengajar guru tersebut banyak, misal :guru bahasa indonesia dengan 6 kelas dan 6 jam pelajaran setiap kelasnya setiap minggu, sehingga guru tersebut harus melakukan tatap muka di dalam kelas sebanyak 36 jam pelajaran setiap minggu, guru yang lain dengan 24 jam pelajaran setiap minggunya harus mengerjakan tugas tambahan sebagai bendaharawan BOS dan tugas-tugas yang lain. Diperburuk dengan kebiasaan tuntutan oleh Dinas Pendidikan Kabupatten yang biasanya selalu terkesan mendadak untuk menyelesaikan

  2. Guru sering berada di kantor saat PBM berlangsung dengan hanya memberikan tugas kepada siswa, guru mengerjakan tugas tambahan di ruang guru pada saat PBM seharusnya berlangsu, guru masuk ke dalam kelas pada permulaan pembelajaran dan di akhir pembelajaran

  3. Manajeman pemanfaatan waktu saat berada di sekolah oleh guru rendah

  4. Insentif yang diberkan kepada guru yang mendapat tugas tambahan tersebut belum memberikan motivasi peningkatan kinerja guru

3

Indentifikasi masalah

  1. Beban mengajar guru dan tugas tambahan yang diberikan sangat kurang proporsional

  2. Rendahnya partisipasi guru dalam BPM

  3. Manajemen pemanfaatan waktu rendah

  4. Insentif kepada guru yang mendapat tugas tambahan belum memotivasi guru

4

Rumusan masalah

Bagaimana meningkatkan partisipasi guru dalam PBM

5

Tujuan PTS

PTS ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi guru dalam PBM melalui supervisi pembelajaran klinis bagi guru di SMP Negeri 1 Kusan Hulu

6

Manfaat PTS

PTS ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru dan siswa dalam meningkatkan partisipasi guru dan siswa dalam PBM

7

Kajian teoritis

Kata kunci :

  1. Supervisi pembelajaran

  2. Supervisi klinis

  3. Partisipasi

  4. PBM

8

Metodologi penelitian

Metodologii penelitian :

  1. cara meningkatkan,

  2. siapa yang akan ditingkatkan (subjek),

  3. objek,

  4. metode penelitian yang digunakan yaitu PTS,

  5. validitas dan reliabilitas instrumen,

  6. teknik pengumpulan data,

  7. analisis data yang digunakan, dan

  8. langkah-langkah PTS

9

Prosedur


10

Instrumen yang digunakan


11

Sistimatika

  1. (Bab I) Pendahuluan yang menjelaskan tentang Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah dan Cara Pemecahan Masalah melalui rencana tindakan yang akan dilakukan, Tujuan dan Kemanfaatan Hasil Penelitian;

  2. (Bab II) Kajian / Tinjauan Pustaka yang berisi uraian tentang kajian teori dan pustaka;

  3. (Bab III) Metode Penelitian yang menjelaskan tentang prosedur penelitian;

  4. (Bab IV) Hasil penelitian berisi tindakan tiap siklus,data lengkap tiap siklus,perubahan pada siswa, guru dan klas, bahasan seluruh siklus ; dan

  5. (Bab V) Kesimpulan dan saran-saran.

  6. Lampiran-lampiran

12

Lampiran

Laporan PTS harus melampirkan

  1. memuat instrumen yang digunakan dalam penelitian, terutama lembar pengamatan,

  2. contoh-contoh hasil kerja dalam pengisian/ pengerjaan instrumen

  3. dokumen pelaksanaan penelitian yang lain seperti foto-foto kegiatan, daftar hadir, dan lain-lain.

13

Daftar Pustaka

  1. Surya Dharma, MPA, Ph.D, 2010, Penelitian Tindakan Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah) Ditektorat Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Muhammad Hatta, Dr, 2012 Penelitian Tindakan Sekolah (Bahan ajar Diklat Supervisi Pengawas Sekolah Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan






Komentar