PENELITIAN TINDAKAN
SEKOLAH
1
|
Judul
|
Meningkatakan Partisipasi Guru dalam PBM Menggunakan Supervisi
Pembelajaran Klinis pada Guru di SMP Negeri 1 Kusan Hulu Tahun
2014
|
2
|
Latar Belakang
|
Jumlah guru di SMP Negeri 1
sedikit sehingga memungkinkan guru mendapat tugasa tambahan di
luar tugas pokoknya sebagai guru pata pelajaran misalanya sebagai
Bendaharawan BOS/BOP, Operator DAPODIK, Operator PADAMU NEGERI,
Operator Pengelolaan ASET, Pembina OSIS, padahal beban mengajar
guru tersebut banyak, misal :guru bahasa indonesia dengan 6 kelas
dan 6 jam pelajaran setiap kelasnya setiap minggu, sehingga guru
tersebut harus melakukan tatap muka di dalam kelas sebanyak 36
jam pelajaran setiap minggu, guru yang lain dengan 24 jam
pelajaran setiap minggunya harus mengerjakan tugas tambahan
sebagai bendaharawan BOS dan tugas-tugas yang lain. Diperburuk
dengan kebiasaan tuntutan oleh Dinas Pendidikan Kabupatten yang
biasanya selalu terkesan mendadak untuk menyelesaikan
Guru sering berada di kantor
saat PBM berlangsung dengan hanya memberikan tugas kepada siswa,
guru mengerjakan tugas tambahan di ruang guru pada saat PBM
seharusnya berlangsu, guru masuk ke dalam kelas pada permulaan
pembelajaran dan di akhir pembelajaran
Manajeman pemanfaatan waktu
saat berada di sekolah oleh guru rendah
Insentif yang diberkan kepada guru yang mendapat tugas
tambahan tersebut belum memberikan motivasi peningkatan kinerja
guru
|
3
|
Indentifikasi masalah
|
Beban mengajar guru dan tugas
tambahan yang diberikan sangat kurang proporsional
Rendahnya partisipasi guru
dalam BPM
Manajemen pemanfaatan waktu
rendah
Insentif kepada guru yang mendapat tugas tambahan belum
memotivasi guru
|
4
|
Rumusan masalah
|
Bagaimana meningkatkan partisipasi guru dalam PBM
|
5
|
Tujuan PTS
|
PTS ini bertujuan untuk meningkatkan
partisipasi guru dalam PBM melalui supervisi pembelajaran klinis
bagi guru di SMP Negeri 1 Kusan Hulu
|
6
|
Manfaat PTS
|
PTS
ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru dan siswa dalam
meningkatkan partisipasi guru dan siswa dalam PBM
|
7
|
Kajian teoritis
|
Kata kunci :
Supervisi pembelajaran
Supervisi klinis
Partisipasi
PBM
|
8
|
Metodologi penelitian
|
Metodologii penelitian :
cara meningkatkan,
siapa yang akan ditingkatkan
(subjek),
objek,
metode penelitian yang
digunakan yaitu PTS,
validitas dan reliabilitas
instrumen,
teknik pengumpulan data,
analisis data yang digunakan,
dan
langkah-langkah PTS
|
9
|
Prosedur
|
|
10
|
Instrumen yang digunakan
|
|
11
|
Sistimatika
|
(Bab
I) Pendahuluan yang menjelaskan tentang Latar Belakang Masalah,
Perumusan Masalah dan Cara Pemecahan Masalah melalui rencana
tindakan yang akan dilakukan, Tujuan dan Kemanfaatan Hasil
Penelitian;
(Bab
II) Kajian / Tinjauan Pustaka yang berisi uraian tentang kajian
teori dan pustaka;
(Bab
III) Metode Penelitian yang menjelaskan tentang prosedur
penelitian;
(Bab
IV) Hasil penelitian berisi tindakan tiap siklus,data lengkap
tiap siklus,perubahan pada siswa, guru dan klas, bahasan seluruh
siklus ; dan
(Bab
V) Kesimpulan dan saran-saran.
Lampiran-lampiran
|
12
|
Lampiran
|
Laporan PTS harus
melampirkan
memuat
instrumen yang digunakan dalam penelitian, terutama lembar
pengamatan,
contoh-contoh
hasil kerja dalam pengisian/ pengerjaan instrumen
dokumen pelaksanaan penelitian yang
lain seperti foto-foto kegiatan, daftar hadir, dan lain-lain.
|
13
|
Daftar Pustaka
|
Surya Dharma, MPA, Ph.D, 2010,
Penelitian Tindakan Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala
Sekolah) Ditektorat Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dirjen
Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Muhammad Hatta, Dr, 2012
Penelitian Tindakan Sekolah (Bahan ajar Diklat Supervisi Pengawas
Sekolah Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan
Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu
Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
-
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar