TUJUAN SITUASIONAL/SASARAN

4.1   Tujuan Situasional/Sasaran
Tujuan Situasional atau sasaran yang akan dikembangkan oleh SMP Negeri 1 Kusan Hulu untuk 1 tahun mendatang adalah :
1.       Sekolah mengembangkan standar kelulusan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan
2.       Sekolah mengembangkan standar isi sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan
3.       Sekolah mengembangkan proses pembelajaran sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan
4.       Sekolah mengembangkan standar tenaga pendidik dan kependidikan Sekolah mengembangkan sarana dan prasarana pembelajaran sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan
5.       Sekolah mengembangkan manajemen mutu sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan
6.       Sekolah mengembangkan standar pembiayaan pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan
7.       Sekolah mengembangkan standar penilaian sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan
8.       Sekolah mengembangkan budaya dan lingkungan sekolah Sekolah mengembangkan pendidikan karakter budaya bangsa
4.2   Identifikasi Fungsi-fungsi untuk Mencapai Sasaran
Fungsi-fungsi untuk mencapai sasaran untuk 1 tahun mendatang diidentifikasi seperti terdapat dalam tabel berikut:
No
Sasaran
Faktor Internal
Faktor Eksternal
1.
Sekolah mengembangkan standar kelulusan sesuai Standar Nasional Pendidikan

a.    Siswa
b.    Guru

a.     Dana
b.     Lingkungan social sekolah
c.     Lingkungan fisik sekola
d.     Orang tua
e.     Stakeholder
2
Sekolah mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan sesuai Standar Nasional Pendidikan
a.       Guru
b.       Kepala sekolah
c.       Tenaga kependidikan
d.       Pustakawan
a.    Dana penunjang
b.    Komite sekolah
c.    Disdikpora

3
Sekolah mengembangkan proses pembelajaran Standar Nasional Pendidikan
a.    Kurikulum
b.    Sarana prasarana
a.    Dana
b.    Stakeholder
c.    Komite sekolah
4
Sekolah mengembangkan standart tenaga pendidik dan kependidikan sesuai Standar Nasional Pendidikan
a.    Kepala Sekolah
b.    Guru
c.    Tenaga administrasi
d.    Kurikulum
e.    Sarana prasarana
a.    Dana penunjang
5
Sekolah mengembangkan sarana dan prasarana pembelajaran sesuai Standar Nasional Pendidikan
a.    Buku materi pelajaran
b.    Buku penunjang
c.    Ruang belajar
d.    Media pembelajaran
e.    Perpustakaan
f.      Meblair siswa
g.    Meblair guru
h.    Peralatan olahraga
i.      Lab. IPA
j.      Lab bahasa
a.    Kondisi lingkungan
b.    Dukungan orang tua
c.    Stakeholder
6
Sekolah mengembangkan manajemen mutu Standar Nasional Pendidikan
a.    Motivasi Kepala Sekolah
b.    Motivasi belajar siswa
c.    Motivasi guru
d.    Motivasi tenaga kependidikan
e.    Kejelasan struktur organisasi
f.      Administrasi
a.    Dana
b.    Stakeholder
7
Sekolah mengembangkan standar pembiayaan pendidikan sesuai Standar Nasional Pendidikan
a.    Motivasi Kepala Sekolah
b.    Motivasi belajar siswa
c.    Motivasi guru
d.    Motivasi tenaga kependidikan
e.    Kejelasan struktur organisasi
f.      Administrasi
a.    Dana
b.    Stakeholder
8
Sekolah mengembangkan standar penilaian standar sesuai pelayanan minimal
a.    Motivasi Kepala Sekolah
b.    Motivasi belajar siswa
c.    Motivasi guru
d.    Keragaman metode mengajar
e.    Kelengkapan administrasi
f.      Pelaporan
a.    Lungkungan sekolah
b.    Dukungan orang tua
9
Sekolah mengembangkan budaya dan lingkungan sekolah
a.    Guru
b.    Siswa
a.    Masyarakat sekitar sekolah
b.    Lingkungan alam sekolah
c.    Stakeholder
10.
Sekolah mengembangkan pendidikan budaya dan karakter bangsa
a.     Kepala Sekolah
b.     Guru
c.     Siswa
a.     Masyarakat sekitar lingkungan sekolah
b.     Klingkungan alam sekolah
c.     Stakeholder

4.3   Analisis Swot
Sasaran 1 : Sekolah mengembangkan standar kelulusan sesuai Standar Nasional Pendidikan
Fungsi dan
Faktornya
Kriteria Kesiapan
Kondisi nyata
Tingkat
Kesiapan
Fungsi
Siap
Tdk
1.    Fungsi Proses Belajar Mengajar (PBM)
·      Faktor Internal




·      Siswa
·      100% datang tepat waktu
·      100% tugas selesai
·      100% tertib di kelas
·      100% disiplin berpakaian rapi
·      Tidak ada siswa pulang sebelum waktunya
·      Tugas selesai sebelum waktunya
·      Prestasi  olimpiade sampai tingkat Kabupaten
·      Frekwensi mengikuti lomba tinggi

·      100% datang tepat waktu
·      30% tugas selesai
·      40% tertib di kelas
·      60% disiplin, berpakaian rapi
·      Tidak ada siswa pulang sebelum waktunya
·      Tugas selesai lewat waktunya

·      Belum pernah

·      Frekwensi mengikuti lomba kurang






















·      Guru
·      100% datang tepat waktu
·      100% mengajar tepat waktu
·      Tugas selesai sesuai rencana
·      Pengalaman membina olimpiade Tinggi
·      100% guru menguasai ICT

·      50% datang tepat waktu
·      80% mengajar tepat waktu
·      Tugas selesai sesuai rencana
·      Pengalaman membina olimpiade  kurang
·      30% guru menguasai ICT












·      Faktor Eksternal




·      Lingkungan sosial sekolah
Sangat mendukung,
kriterianya :
·    100 % aman
·    tatakrama masyarakat sangat sopan
·    tidak ada tempat rawan, assusila, amoral di sekitar sekolah
·    jauh dari pusat keramaia
·    100% masyarakat peduli sekolah
Mendukung

·       99 % aman
·       98 % tatakrama masyarakat sopan
·       tidak ada tempat rawan, asusila, amoral di sekitar sekolah
·       jauh dari pusat keramaian
·       85% masyarakat peduli sekolah






















·      Lingkungan fisik sekolah
Sangat Kondusif,
·    100% bersih dari sampah
·    Taman sekolah tertata sangat rapi, teratur dan indah
·    100% terpenuhi sarana sanitasi
·    Tidak ada kerusakan sarana prasarana
·    100% rasa nyaman pada tiap ruang
Kurang Kondusif
·      30% bersih dari  sampah
·      Taman sekolah tertata 80% rapi, teratur dan indah

·      60% sarana sanitasi terpenuhi
·      40% sarana prasarana rusak

·      10% rasa nyaman pada tiap ruang














·      orangtua
·      100% hadir dalam pertemuan orang tua/wali murid
·      100% memenuhi panggilan sekolah
·      90%  hadir dalam pertemuan orang tua/wali murid
·      100% memenuhi panggilan sekolah



·      Stakeholder
·      Memberi dukungan secara penuh terhadap keberadaan sekolah
·      Siap memberi dana untuk pelaksanaan operasional sekolah
·      Siap Melaksanakan pembinaan
·      Memberi dukungan secara penuh terhadap keberadaan sekolah
·      Siap memberi dana untuk pelaksanaan operasional sekolah
·      Siap Melaksanakan pembinaan










Sasaran 2 : Sekolah mengembangkan standar isi sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan
Fungsi dan
Faktornya
Kriteria Kesiapan
Kondisi nyata
Tingkat
Kesiapan
Fungsi
Siap
Tdk
2.    Fungsi Standar isi
·      Faktor Internal




·      Guru
·      Ikut  workshop KTSP min 3 x
·      100% sesuai bidangnya
·      100% kualifikasi S1
·      100% Perngalaman mengajar minimal 5 tahun
·      60% Ikut 1 X 

·      75% sesuai bidangnya
·      S1 83%, SMA 17%,
·      53% Perngalaman mengajar di atas 5 tahun 57% kurang dari 5 tahun







·      Kepala Sekolah
·      100% menguasai KTSP
·      Penataran KTSP 3x
·      Kualifikasi S1
·      Sesuai bidang keahliannya
·      Pengalaman min 2 Periode
·      Pengalaman diklat Cakep.
·      90% menguasai KTSP
·      Penataran KTSP 2 x
·      Kualifikasi S1
·      Sesuai bidang keahliannya
·      Pengalaman min 2 Periode
·      Pernah pengalaman diklat Cakep.







·      Fasilitas
·      Kelas 6 rombel dalam kondisi baik dan nyaman
·      Lap OR kondisi baik dan layak
·      Laboratorium dalam kondisi baik dan nyaman
·      100% media Pembelajaran terpenuhi
·      Kelas 3 rombel dalam kondisi rusak ringan
·      Lap OR kondisi kurang layak
·      Laboratorium dalam kondisi sedang
·      20% media Pembelajaran terpenuhi






·      Siswa
·      100% hadir di sekolah dengan tidak terlambat
·      100% aspek afektif baik
·      100% mematuhi tata tertib/ disiplin
·      90% hadir di sekolah dengan tidak terlambat
·      40% aspek afektif baik
·      80% mematuhi tata tertib/ disiplin





·         Sarana
·      Komputer

·      ATK, dll

·      Buku

·      4 unit untuk administrasi TU
·      100% ATK terpenuhi
·      100% buku pegangan guru dan referensi terpenuhi

·      2 unit untuk administrasi TU
·      90% ATK terpenuhi
·      20% buku pegangan guru dan referensi terpenuhi





·      Faktor Eksternal




· Dana penunjang
·      Ada sumbangan sukarela dari orang tua
·      Ada sumbangan dari pemerintah
·      Belum ada sumbangan sukarela dari orang tua
·      Ada sumbangan dari pemerintah





· Komite Sekolah
·      Adanya sumbngan pemikiran

·      Adanya keterlibatan aktif
·      Sumbangan pemikiran pada saat rapat tahunan
·      Keterlibtan belum aktif



· Disdikpora
·      100% mendukung
·      Monitoring min 2 x
·      100% menukung
·      Monitoring 1 x


Sasaran 3 : Sekolah mengembangkan proses pembelajaran Standar Nasional Pendidikan
Fungsi dan
Faktornya
Kriteria Kesiapan
Kondisi nyata
Tingkat
Kesiapan
Fungsi
Siap
Tdk
3.    Fungsi Standar Proses
·      Faktor internal




·      Kurikulum
·      100% memiliki dokumen kurikulum  sekolah (KTSP) lengkap sesuai SNP
·      100% memiliki pemetaan SK dan KD sesuai SNP
·      100% tim pengembang kurikulum berfungsi
·      20% memiliki dokumen kurikulum  sekolah (KTSP) lengkap sesuai SNP
·      20% memiliki pemetaan SK dan KD sesuai SNP
·      20% tim pengembang kurikulum berfungsi









·      Sarana
·      100% tersedia buku KTSP sesuai SNP
·      100% disediakan oleh sekolah
·      20% tersedia buku KTSP sesuai SNP
·      20% jarignan internet oleh sekolah




·      Faktor eksternal




·      Dana
·      100% dana mencukupi
·      50% dana mencukupi


·      Stakeholder
·      100% jaringan dengan sekolah di kabupaten
·      20% jaringan dengan sekoah di kabupaten


·      Komite sekolah
·      100% mendukung
·      95% mendukung



Komentar