4.1
Tujuan Situasional/Sasaran
Tujuan Situasional atau sasaran yang akan dikembangkan
oleh SMP Negeri 1 Kusan Hulu untuk 1 tahun mendatang adalah :
1.
Sekolah mengembangkan standar kelulusan sesuai
dengan Standar Nasional Pendidikan
2.
Sekolah mengembangkan standar isi sesuai dengan Standar
Nasional Pendidikan
3.
Sekolah mengembangkan proses
pembelajaran sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan
4.
Sekolah mengembangkan standar tenaga pendidik dan
kependidikan Sekolah mengembangkan sarana dan prasarana
pembelajaran sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan
5.
Sekolah
mengembangkan manajemen mutu sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan
6.
Sekolah mengembangkan standar
pembiayaan pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan
7.
Sekolah mengembangkan standar penilaian sesuai
dengan Standar Nasional Pendidikan
8.
Sekolah mengembangkan budaya dan lingkungan
sekolah Sekolah mengembangkan pendidikan karakter budaya bangsa
4.2
Identifikasi Fungsi-fungsi
untuk Mencapai Sasaran
Fungsi-fungsi untuk mencapai
sasaran untuk 1 tahun mendatang diidentifikasi seperti terdapat dalam tabel
berikut:
No
|
Sasaran
|
Faktor Internal
|
Faktor Eksternal
|
1.
|
Sekolah mengembangkan standar kelulusan sesuai Standar
Nasional Pendidikan
|
a. Siswa
b. Guru
|
a. Dana
b. Lingkungan social sekolah
c. Lingkungan fisik sekola
d. Orang tua
e. Stakeholder
|
2
|
Sekolah
mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan sesuai Standar Nasional Pendidikan
|
a. Guru
b. Kepala sekolah
c. Tenaga kependidikan
d. Pustakawan
|
a. Dana penunjang
b. Komite sekolah
c. Disdikpora
|
3
|
Sekolah
mengembangkan proses pembelajaran Standar Nasional Pendidikan
|
a. Kurikulum
b. Sarana prasarana
|
a. Dana
b. Stakeholder
c. Komite sekolah
|
4
|
Sekolah
mengembangkan standart tenaga pendidik dan kependidikan sesuai Standar Nasional Pendidikan
|
a. Kepala Sekolah
b. Guru
c. Tenaga administrasi
d. Kurikulum
e. Sarana prasarana
|
a. Dana penunjang
|
5
|
Sekolah
mengembangkan sarana dan prasarana pembelajaran sesuai Standar Nasional Pendidikan
|
a. Buku materi pelajaran
b. Buku penunjang
c. Ruang belajar
d. Media pembelajaran
e. Perpustakaan
f. Meblair siswa
g. Meblair guru
h. Peralatan olahraga
i. Lab. IPA
j. Lab bahasa
|
a. Kondisi lingkungan
b. Dukungan orang tua
c. Stakeholder
|
6
|
Sekolah
mengembangkan manajemen mutu Standar Nasional Pendidikan
|
a. Motivasi Kepala Sekolah
b. Motivasi belajar siswa
c. Motivasi guru
d. Motivasi tenaga kependidikan
e. Kejelasan struktur organisasi
f. Administrasi
|
a. Dana
b. Stakeholder
|
7
|
Sekolah mengembangkan standar pembiayaan pendidikan sesuai Standar
Nasional Pendidikan
|
a. Motivasi Kepala Sekolah
b. Motivasi belajar siswa
c. Motivasi guru
d. Motivasi tenaga kependidikan
e. Kejelasan struktur organisasi
f. Administrasi
|
a. Dana
b. Stakeholder
|
8
|
Sekolah mengembangkan standar penilaian standar
sesuai pelayanan minimal
|
a. Motivasi Kepala Sekolah
b. Motivasi belajar siswa
c. Motivasi guru
d. Keragaman metode mengajar
e. Kelengkapan administrasi
f. Pelaporan
|
a. Lungkungan sekolah
b. Dukungan orang tua
|
9
|
Sekolah mengembangkan budaya dan lingkungan
sekolah
|
a. Guru
b. Siswa
|
a. Masyarakat sekitar sekolah
b. Lingkungan alam sekolah
c. Stakeholder
|
10.
|
Sekolah mengembangkan pendidikan budaya dan
karakter bangsa
|
a. Kepala Sekolah
b. Guru
c. Siswa
|
a. Masyarakat sekitar lingkungan sekolah
b. Klingkungan alam sekolah
c. Stakeholder
|
4.3
Analisis Swot
Sasaran
1 : Sekolah mengembangkan standar kelulusan sesuai Standar Nasional Pendidikan
Fungsi
dan
Faktornya
|
Kriteria
Kesiapan
|
Kondisi
nyata
|
Tingkat
Kesiapan
Fungsi
|
|
Siap
|
Tdk
|
|||
1. Fungsi Proses Belajar Mengajar (PBM)
|
||||
· Faktor Internal
|
|
|
|
|
· Siswa
|
·
100% datang tepat waktu
·
100% tugas selesai
·
100% tertib di kelas
·
100% disiplin berpakaian rapi
·
Tidak ada siswa pulang sebelum waktunya
·
Tugas selesai sebelum waktunya
·
Prestasi olimpiade sampai tingkat Kabupaten
·
Frekwensi mengikuti lomba
tinggi
|
·
100% datang tepat waktu
·
30% tugas selesai
·
40% tertib di kelas
·
60% disiplin, berpakaian rapi
·
Tidak ada siswa pulang sebelum waktunya
·
Tugas selesai lewat waktunya
·
Belum pernah
·
Frekwensi mengikuti lomba kurang
|
√
√
|
√
√
√
√
√
√
|
· Guru
|
·
100% datang tepat waktu
·
100% mengajar tepat waktu
·
Tugas selesai sesuai rencana
·
Pengalaman membina olimpiade Tinggi
·
100% guru menguasai ICT
|
·
50% datang tepat waktu
·
80% mengajar tepat waktu
·
Tugas selesai sesuai rencana
·
Pengalaman membina olimpiade kurang
·
30% guru menguasai ICT
|
√
|
√
√
√
√
|
· Faktor
Eksternal
|
|
|
|
|
·
Lingkungan sosial sekolah
|
Sangat
mendukung,
kriterianya
:
·
100 % aman
·
tatakrama masyarakat sangat
sopan
·
tidak ada tempat rawan,
assusila, amoral di sekitar sekolah
·
jauh dari pusat keramaia
·
100% masyarakat peduli
sekolah
|
Mendukung
· 99 % aman
· 98 % tatakrama masyarakat sopan
· tidak ada tempat rawan, asusila, amoral di
sekitar sekolah
· jauh dari pusat keramaian
· 85% masyarakat peduli sekolah
|
√
√
√
√
|
√
|
·
Lingkungan fisik sekolah
|
Sangat
Kondusif,
·
100% bersih dari sampah
·
Taman sekolah tertata sangat rapi, teratur dan
indah
·
100% terpenuhi sarana
sanitasi
·
Tidak ada kerusakan sarana
prasarana
·
100% rasa nyaman pada tiap
ruang
|
Kurang Kondusif
·
30% bersih dari sampah
·
Taman sekolah tertata 80% rapi,
teratur dan indah
·
60% sarana sanitasi
terpenuhi
·
40% sarana prasarana
rusak
·
10% rasa nyaman pada tiap ruang
|
√
|
√
√
√
√
|
·
orangtua
|
·
100% hadir dalam pertemuan orang tua/wali murid
·
100% memenuhi panggilan sekolah
|
·
90% hadir
dalam pertemuan orang tua/wali murid
·
100% memenuhi panggilan sekolah
|
√
√
|
|
· Stakeholder
|
·
Memberi dukungan secara
penuh terhadap keberadaan sekolah
·
Siap memberi dana untuk
pelaksanaan operasional sekolah
·
Siap Melaksanakan pembinaan
|
·
Memberi dukungan secara
penuh terhadap keberadaan sekolah
·
Siap memberi dana untuk
pelaksanaan operasional sekolah
·
Siap Melaksanakan pembinaan
|
√
√
√
|
|
Sasaran
2 : Sekolah mengembangkan standar isi sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan
Fungsi
dan
Faktornya
|
Kriteria
Kesiapan
|
Kondisi
nyata
|
Tingkat
Kesiapan
Fungsi
|
|
Siap
|
Tdk
|
|||
2.
Fungsi Standar isi
|
||||
· Faktor Internal
|
|
|
|
|
·
Guru
|
·
Ikut
workshop KTSP min 3 x
·
100% sesuai bidangnya
·
100% kualifikasi S1
·
100% Perngalaman mengajar minimal 5 tahun
|
·
60% Ikut 1 X
·
75% sesuai bidangnya
·
S1 83%, SMA 17%,
·
53% Perngalaman mengajar di atas 5 tahun 57%
kurang dari 5 tahun
|
|
√
√
√
√
|
· Kepala Sekolah
|
·
100% menguasai KTSP
·
Penataran KTSP 3x
·
Kualifikasi S1
·
Sesuai bidang keahliannya
·
Pengalaman min 2 Periode
·
Pengalaman diklat Cakep.
|
·
90% menguasai KTSP
·
Penataran KTSP 2 x
·
Kualifikasi S1
·
Sesuai bidang keahliannya
·
Pengalaman min 2 Periode
·
Pernah pengalaman diklat Cakep.
|
√
√
√
√
√
√
|
|
· Fasilitas
|
·
Kelas 6 rombel dalam
kondisi baik dan nyaman
·
Lap OR kondisi baik dan
layak
·
Laboratorium dalam kondisi baik dan nyaman
·
100% media Pembelajaran terpenuhi
|
·
Kelas 3 rombel dalam
kondisi rusak ringan
·
Lap OR kondisi kurang layak
·
Laboratorium dalam kondisi sedang
·
20% media Pembelajaran terpenuhi
|
|
√
√
√
√
|
·
Siswa
|
· 100% hadir di sekolah dengan tidak terlambat
· 100% aspek afektif baik
· 100% mematuhi tata tertib/ disiplin
|
· 90% hadir di sekolah dengan tidak terlambat
· 40% aspek afektif baik
· 80% mematuhi tata tertib/ disiplin
|
√
|
√
√
|
·
Sarana
·
Komputer
·
ATK, dll
·
Buku
|
· 4 unit untuk administrasi TU
· 100% ATK terpenuhi
· 100% buku pegangan guru dan referensi terpenuhi
|
· 2 unit untuk administrasi TU
· 90% ATK terpenuhi
· 20% buku pegangan guru dan referensi terpenuhi
|
|
√
√
√
|
· Faktor Eksternal
|
|
|
|
|
·
Dana penunjang
|
· Ada sumbangan sukarela dari orang tua
· Ada sumbangan dari pemerintah
|
· Belum ada sumbangan sukarela dari orang tua
· Ada sumbangan dari pemerintah
|
√
|
√
|
·
Komite Sekolah
|
· Adanya sumbngan pemikiran
· Adanya keterlibatan aktif
|
· Sumbangan pemikiran pada saat rapat tahunan
· Keterlibtan belum aktif
|
√
|
√
|
·
Disdikpora
|
· 100% mendukung
· Monitoring min 2 x
|
· 100% menukung
· Monitoring 1 x
|
√
|
√
|
Sasaran
3 : Sekolah mengembangkan proses pembelajaran Standar Nasional Pendidikan
Fungsi
dan
Faktornya
|
Kriteria
Kesiapan
|
Kondisi
nyata
|
Tingkat
Kesiapan
Fungsi
|
|
Siap
|
Tdk
|
|||
3.
Fungsi Standar Proses
|
||||
· Faktor internal
|
|
|
|
|
· Kurikulum
|
·
100% memiliki dokumen kurikulum sekolah (KTSP) lengkap sesuai SNP
·
100% memiliki pemetaan
SK dan KD sesuai SNP
·
100% tim pengembang
kurikulum berfungsi
|
·
20% memiliki dokumen kurikulum sekolah (KTSP) lengkap sesuai SNP
·
20% memiliki pemetaan
SK dan KD sesuai SNP
·
20% tim pengembang
kurikulum berfungsi
|
|
√
√
√
|
· Sarana
|
·
100% tersedia buku KTSP sesuai SNP
·
100% disediakan oleh sekolah
|
·
20% tersedia buku KTSP sesuai SNP
·
20% jarignan internet oleh sekolah
|
|
√
√
|
· Faktor eksternal
|
|
|
|
|
· Dana
|
·
100% dana mencukupi
|
·
50% dana mencukupi
|
|
√
|
· Stakeholder
|
·
100% jaringan dengan sekolah di kabupaten
|
·
20% jaringan dengan sekoah di kabupaten
|
|
√
|
· Komite sekolah
|
·
100% mendukung
|
·
95% mendukung
|
√
|
|
Komentar
Posting Komentar