RUANG LINGKUP PENILAIAN KEPALA SEKOLAH

RUANG LINGKUP  PENILAIAN KINERJA
KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
Kinerja kepala sekolah/madrasah dinilai berdasarkan Peraturan Kemdiknas  Nomor 35 tahun 2010. Berdasarkan peraturan tersebut, terdapat 6 (enam) komponen penilaian, yaitu seperti tampak pada tabel berikut.
Tabel 3.1Komponen Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah
NO.
KOMPONEN YANG DIUKUR
KODE
KRITERIA KINERJA
INDIKATOR
KINERJA
1
Kepribadian dan Sosial
PKKS 1
7
29
2
Kepemimpinan Pembelajaran
PKKS 2
10
41
3
Pengembangan Sekolah/Madrasah
PKKS 3
7
28
4
Manajemen Sumber Daya
PKKS 4
8
32
5
Kewirausahaan
PKKS 5
5
20
6
Supervisi Pembelajaran
PKKS 6
3
12
JUMLAH
40
162

Enam  komponen kinerja kepala sekolah/madrasah diatasdijabarkan menjadi 40 kriteria dan 162 indikator kinerja yang disertai bukti yang  dapat diidentifikasi sebagaimana yang dapat dilihat pada tabel dibawah ini.
1.       KOMPONEN 1 :KEPRIBADIAN DAN SOSIAL (PKKS 1)
NO.
KRITERIA
INDIKATOR
BUKTI
1.1
Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah.
1.  Melaksanakan ibadah sesuai dengan agama  yang dianutnya.
2.  Sikap dan perilaku keteladanan bagi warga sekolah.
3.  Empati terhadap masalah yang dihadapi warga sekolah.
4.  Kemampuan  mengembangkan budaya  senyum, salam, sapa, sopan, santun.
5.  Pengakuan dari warga sekolah terhadap keteladanannya
·    Dokumen/bukti fisik lainnya
·    Kuesioner
1.2
Melaksanakan tupoksi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas.
1.  Mampu menerapkan kejujuran dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
2.  Mampu menerapkan  ketulusan dalam melaksanakan tugas  pokok dan fungsinya.
3.  Mampu menerapkan  komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas  pokok dan fungsinya.
4.  Mampu menerapkan integritas yang tinggi dalam melaksanakan  tugas pokok dan fungsinya.
·    Dokumen/bukti fisik lainnya
·    Kuesioner
1.3
Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah/madrasah.
1.  Terbuka menerima pendapat, kritik dan saran dari pihak lain.
2.  melibatkan seluruh pemangku kepentingan  dalam penyusunan program sekolah.
3.  terbuka dalam pengelolaan keuangan sekolah.
4.  terbuka dalam membangun  sistem informas. manajemen sekolah
·    Dokumen/bukti fisik lainnya
·    Kuesioner
1.4
Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dan tantangan sebagai kepala sekolah/madrasah.
1.  Mampu mengendalikan emosi:
a) sabar,
b) tenang,
c) bijaksana
d) berjiwa besar
2.  Mampu menghadapi masalah  
3.  Mampu memecahkan masalah.
4.  Mampu mengelola tantangan baru
·    Dokumen/bukti fisik lainnya
·    Kuesioner
1.5
Berpartisipasi dalam kegiatan social kemasyarakatan.
1.  Berperan aktif dalam pelaksanaan program pemerintah dibidang sosial kemasyarakatan (contoh: donor darah, bencana alam dan lainnya).
2.  Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekolah (contoh: gotong royong, kerja bakti kebersihan lingkungan).
3.  Berperan aktif  dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan tempat tinggal (contoh: pengurus RT, RW dan lainnya).
4.  Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan berkaitan pelestarian lingkungan hidup.
·    Dokumen/bukti fisik lainnya
·    Kuesioner
1.6
Tanggap dan peduli terhadap kepentingan orang atau kelompoklain.
1.       Mampu bersifat simpatik/tenggang rasa terhadap orang lain.
2.       Mampu bersifat empati/sambung rasa terhadap orang lain.
3.       Peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain
4.       Mampu bersifat objektif dalam mengatasi konflik internal sekolah.
·    Dokumen/bukti fisik lainnya
·    Kuesioner
1.7
Mengembangkan dan mengelola hubungan sekolah/madrasahdengan pihaklaindi luar sekolah dalam rangka mendapatkan dukungan ide, sumber belajar,dan pembiayaan sekolah/madrasah.
1.  Mampu merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat.
2.  Mampu melakukan pendekatan dalam rangka memperoleh dukungan dari lembaga pemerintah,
swasta,Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI),  dan masyarakat
3.  Mampu memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga swasta, pemerintah dan masyarakat.
4.  Mampu memanfaatkan dukungan masyarakat untuk meningkatkan SDM kependidikan yang profesional, manajemen yang efektif dan profesional, dan lingkungan pendidikan yang kondusif.
·    Dokumen/bukti fisik lainnya
·    Kuesioner

Komentar