RUANG LINGKUP PENILAIAN KINERJA
KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
Kinerja kepala sekolah/madrasah dinilai
berdasarkan Peraturan Kemdiknas Nomor 35
tahun 2010. Berdasarkan peraturan tersebut, terdapat 6 (enam) komponen
penilaian, yaitu seperti
tampak pada tabel
berikut.
Tabel 3.1Komponen Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah
NO.
|
KOMPONEN YANG DIUKUR
|
KODE
|
KRITERIA
KINERJA
|
INDIKATOR
KINERJA
|
1
|
Kepribadian dan Sosial
|
PKKS 1
|
7
|
29
|
2
|
Kepemimpinan Pembelajaran
|
PKKS 2
|
10
|
41
|
3
|
Pengembangan Sekolah/Madrasah
|
PKKS 3
|
7
|
28
|
4
|
Manajemen Sumber Daya
|
PKKS 4
|
8
|
32
|
5
|
Kewirausahaan
|
PKKS 5
|
5
|
20
|
6
|
Supervisi Pembelajaran
|
PKKS 6
|
3
|
12
|
JUMLAH
|
40
|
162
|
Enam komponen kinerja kepala sekolah/madrasah
diatasdijabarkan menjadi 40 kriteria dan
162 indikator kinerja yang disertai bukti yang dapat
diidentifikasi sebagaimana yang dapat dilihat pada tabel dibawah ini.
1.
KOMPONEN 1 :KEPRIBADIAN DAN SOSIAL (PKKS 1)
NO.
|
KRITERIA
|
INDIKATOR
|
BUKTI
|
1.1
|
Berakhlak mulia, mengembangkan
budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi
komunitas di sekolah/madrasah.
|
1.
Melaksanakan
ibadah sesuai dengan agama yang
dianutnya.
2.
Sikap dan
perilaku keteladanan bagi warga sekolah.
3.
Empati terhadap
masalah yang dihadapi warga sekolah.
4.
Kemampuan mengembangkan budaya senyum, salam, sapa, sopan, santun.
5.
Pengakuan dari
warga sekolah terhadap keteladanannya
|
·
Dokumen/bukti fisik lainnya
·
Kuesioner
|
1.2
|
Melaksanakan tupoksi sebagai kepala
sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas.
|
1.
Mampu
menerapkan kejujuran dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
2.
Mampu
menerapkan ketulusan dalam
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
3.
Mampu
menerapkan komitmen yang tinggi dalam
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
4.
Mampu
menerapkan integritas yang tinggi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
|
·
Dokumen/bukti fisik lainnya
·
Kuesioner
|
1.3
|
Bersikap terbuka dalam melaksanakan
tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah/madrasah.
|
1.
Terbuka
menerima pendapat, kritik dan saran dari pihak lain.
2.
melibatkan
seluruh pemangku kepentingan dalam
penyusunan program sekolah.
3.
terbuka dalam
pengelolaan keuangan sekolah.
4.
terbuka dalam
membangun sistem informas. manajemen
sekolah
|
·
Dokumen/bukti fisik lainnya
·
Kuesioner
|
1.4
|
Mengendalikan diri dalam menghadapi
masalah dan tantangan sebagai kepala sekolah/madrasah.
|
1.
Mampu
mengendalikan emosi:
a) sabar,
b) tenang,
c) bijaksana
d) berjiwa besar
2.
Mampu
menghadapi masalah
3.
Mampu
memecahkan masalah.
4.
Mampu mengelola
tantangan baru
|
·
Dokumen/bukti fisik lainnya
·
Kuesioner
|
1.5
|
Berpartisipasi
dalam
kegiatan social
kemasyarakatan.
|
1.
Berperan aktif
dalam pelaksanaan program pemerintah dibidang sosial kemasyarakatan (contoh:
donor darah, bencana alam dan lainnya).
2.
Berperan aktif
dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekolah (contoh: gotong
royong, kerja bakti kebersihan lingkungan).
3.
Berperan
aktif dalam kegiatan sosial
kemasyarakatan di lingkungan tempat tinggal (contoh: pengurus RT, RW dan
lainnya).
4.
Berperan aktif
dalam kegiatan sosial kemasyarakatan berkaitan pelestarian lingkungan hidup.
|
·
Dokumen/bukti fisik lainnya
·
Kuesioner
|
1.6
|
Tanggap dan peduli terhadap kepentingan orang
atau kelompoklain.
|
1.
Mampu bersifat
simpatik/tenggang rasa terhadap orang lain.
2.
Mampu bersifat
empati/sambung rasa terhadap orang lain.
3.
Peduli terhadap
kepentingan orang atau kelompok lain
4.
Mampu bersifat
objektif dalam mengatasi konflik internal sekolah.
|
·
Dokumen/bukti fisik lainnya
·
Kuesioner
|
1.7
|
Mengembangkan dan mengelola
hubungan sekolah/madrasahdengan pihaklaindi
luar sekolah dalam rangka mendapatkan
dukungan ide, sumber
belajar,dan pembiayaan
sekolah/madrasah.
|
1.
Mampu
merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat.
2.
Mampu melakukan
pendekatan dalam rangka memperoleh dukungan dari lembaga pemerintah,
swasta,Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), dan masyarakat
3.
Mampu
memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga swasta, pemerintah dan
masyarakat.
4.
Mampu memanfaatkan
dukungan masyarakat untuk meningkatkan SDM kependidikan yang profesional,
manajemen yang efektif dan profesional, dan lingkungan pendidikan yang
kondusif.
|
·
Dokumen/bukti fisik lainnya
·
Kuesioner
|
Komentar
Posting Komentar