Professional Development For Education Personal Program( PKB- KS Program ProDEP) Laporan PPTK

BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang / Rasional      
Setelah kepala sekolah mengikuti kegiatan in sercice lerning / In-1 pada pelatihan pengembangan keprofesiaan berkelanjutan kepala sekolah (PKB KS) selama 5 hari 4 malam, maka diteruskan dengan kegiatan On The Job Learning (OJL). Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di SMP Negeri Kusan Hulu kabupaten Tanah Bumbu.
Pada program Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPTK), akan memahami permasalahan-permasalahan tentang pendidik dan tenaga kependidikan, merevisi program PPTK, memetakan kualitas dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, serta melakukan reposisi personalia dan revisi struktur organisasi sekolah sesuai situasi, kondisi, dan kebutuhan sekolah dengan mempertimbangkan aspek sosial, dengan tidak melakukan diskriminatif pada perbedaan individu.
Dengan mempelajari pengelolaan PTK akan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam mengelola pendidik dan tenaga kependidikan, memudahkan mengerjakan tugas-tugas sekolah, dan mengembangkan ide-ide inovatif kepada teman sejawat khususnya tentang pengelolaan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan. PPTK penting dilakukan sebagai salah satu upaya mendukung layanan pembelajaran yang bermutu dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bagi tiap peserta didik dalam pencapaian standar kompetensi lulusan.
Ketercapaian Standar Kompetesi Lulusan (SKL) sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu di antaranya adalah pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan yang optimal. Pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh kepala sekolah dalam mempersiapkan pendidik dan tenaga pendidikan profesional yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang memadai dengan mempertimbangkan aspek sosial inklusi (tidak diskriminatif pada perbedaan individu) sehingga menunjang proses pembelajaran di sekolah secara optimal dan akhirnya dapat meningkatkan kemampuan peserta didik.
Untuk dapat meningkatkan pengetahuan kepala sekolah, dan menyesuaikan dengan peraturan yang ada tentang pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan, maka kegiatan OJL dilakukan dengan cara mengkaji ulang dan menyempurnakan program PPTK, penyempurnaan program pendidik dan tenaga kependidikan dan memetakan pendidik dan tenaga kependidikan serta mereposisi struktur organisasi sekolah.
B.      Dasar Hukum
1.       Undang – Undang RI No.  20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan  Nasional  
2.       Undang –Undang RI No. 32 tentang Pemerintah Daerah
3.       Peraturan Pemerintah No.17 tahun 2010 tentang  pengelolaan dan  penyelenggaraan  pendidikan.
4.       Peraturan pemerintah No.32 tahun 2013 ,tentang Perubahan Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
5.       Peraturan Presiden No. 59 Tahun 2012 Tentang Kerangka Nasional Pengembangan Kapasitas Pendidikan Kabupaten/ Kota.
6.       Permendiknas No. 15 tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal.
7.       Permendiknas No. 28 tahun2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah / Madrasah.
8.       Permendiknas RI No 12 tahun  2007 tentang  Standar Pengawas Sekolah/Madrasah.
9.       Permendiknas RI No. 13 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
10.   Permendiknas No.35 tahun 2010 tentang penilaian kinerja guru merupakan penilaian tiap butir kegiatan utama guru dalam rangka pembinaan karir dan jabatan (termasuk guru yg memiliki tugas tambahan sebagai kepala sekolah) PKKS/M dalam permendinas ini memuat 6 aspek penilaian.
11.   Permendiknas RI  No. 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Sekolah.
12.   Permendagri No. 59 tahun 2007 tentang  Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah
13.   Permenpan No.16 Tahun 2009 tentang Jabatan Guru dan Angka Kreditnya.
14.   Permendiknas RI No. 63 tahun 2009 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan
15.   Permendikbud No. 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.
C.      Tujuan
1.       Tujuan Umuum
Kepala Sekolah dapat melaksanakan kegiatan  Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di  SMP Negeri 1 Kusan Hulu secara optimal.
2.       Tujuan Khusus
a.       Tersusunnya perencanaan program pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Negeri 1 Kusan Hulu.
b.      Terlaksananya pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.
D.      Sasaran
          Sasaran dari kegiatan OJL PPTK adalah seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang ada di SMP Negeri 1 Kusan Hulu
E.      Manfaat
Dengan kegiatan OJL tentang PBU PPTK , diharapkan kepala sekolah  :
1.       Kemampuan / kompetensi kepala sekolah dalam melaksanakan pengelolaan dan pemberdayan PTK di SMP Negeri 1 Kusan Hulu semakin baik dan meningkat.
2.       Mampu menempatkan dan memberi tugas, melakukan rekrutmen PTK sesuai dengan kebutuhan, Efektif dan Efisien.
3.       Kepala sekolah dapat melaksanakan reposisi struktur organisasi di SMP Negeri 1 Kusan Hulu sesuai hasil identifikasi diskripsi tugas pendidik dan tenaga kependidikan.


BAB II
PELAKSANAAN ON THE JOB LEARNING
A.        Waktu
Waktu kegiatan OJL ProDEP PPTK dilaksanakan pada hari sabtu, tanggal 08 Nopember 2014 selama 1 hari dengan durasi pertemuan sebanyak 3 jam dan dilanjutkan dengan tugas mandiri peserta yang dikerjakan di rumah.
B.        Tempat
Kegiatan OJL ProDEP PPTK di SMP Negeri 1 Kusan Hulu dilaksanakan di ruang guru SMP Negeri 1 Kusan Hulu, kab. Tanah bumbu, Kalimantan Selatan
C.        Peserta
Peserta OJL ProDEP PPTK di SMP Negeri 1 Kusan Hulu berjumlah 20 orang, terdiri dari 1 orang pengawas pembina, 1 kepala sekolah, dan 18 tenaga pendidik dan kependidikan
                                                              BAB III
HASIL ON JOB LEARNING (OJL)
A.      HASIL KEGIATAN
            Kegiatan OJL ProDEP dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kusan Hulu mengacu pada panduan Rencana Tindak Lanjut yang sudah disepakati pada in-1, dan semaksimal mungkin mengikuti jadual. Mengingat kondisi dan situasi di Sekolah tidak memungkinkan untuk sepenuhnya mengikuti RTL yang sudah ada, maka kegiatan OJL dilaksanakan dengan menyesuaikan dengan kondisi sekolah.
            Hasil kegiatan di OJL ProDEP yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kusan Hulu adalah sebagai berikut :
1.       Hasil Kaji Ulang Program Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
No
Aspek kompensasi
Pelaksanaan
Rekomendasi
Ya
Bukti
Tidak
Alasan
1
Merencanakan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PNS, Non PNS) berdasarkan analisis kebutuhan
Analisis kebutuhan PTK


Kekurangan/
kelebihan PTK mengusulkan ke Dinas Pendidikan
2
Melakukan rekrutmen dan seleksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan


Adanya larangan pengang
katan GTT/PTT dari pemerintah

PNS





Non PNS (Seleksi dilaksanakan secara terbuka, efektif, dan akuntabel)





3
Menempatkan dan menugaskan (PNS, Non PNS) sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi
SK KBM


Guru yang mengampu tidak sesuai mapel pada ijazah agar studi lanjut / diklat
4
Memberikan kompensasi kepada pendidik dan tenaga kependidikan:





PNS
SK KBM/  Tugas tambahan


Diusulkan menjadi waka, mengikuti seleksi guru berprestasi tingkat Kota, pemberian penghargaan.
Non PNS
SK Pembagian tugas


Pemberian penghargaan dari sekolah,
Diusulkan tes seleksi CPNS
5
Menilai Kinerja (PNS, Non PNS)





a.    Berdasarkan aturan yang berlaku
Instrumen Penilaian Kinerja


Penilaian dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku.
b.    Bersifat obyektif, akurat, dan konsisten
Hasil Penilaian kinerja


Penilaian dilaksanakan seobjektif mungkin.
6
Mengembangkan karir PNS dan Non PNS untuk meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
Pembagian tugas tambahan sesuai dg kemampuan, pengetahuan,keterampilan dan ,kemauan SK Pembagian tugas,


Promosi jabatan dilakukan tiap tahun pelajaran dan mampu memperbaiki kinerja sekolah.
7
Mengadakan pelatihan dan pengembangan kompetensi (PNS, Non PNS) sesuai kebutuhan
Panitia pelatihan/ dokumentasi, Surat tugas pelatihan


Semua PTK selalu mengembangkan diri, dan hasil pelatihan diimplementasikan dalam tugas sehari-hari.
8
Menciptakan lingkungan kerja yang kondusif
Tidak terjadi gejolak


Dijaga dan ditingkatkan
9
Melaksanaan pensiun (PNS) /pemberhentian (Non PNS) sesuai peraturan yang berlaku
Usulan Pensiun


Pensiun tepat waktu
2.       Penyempurnaan Program Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
No
Kegiatan
Tujuan
Sasaran
Penanggung Jawab
Indikator Keberhasilan
Rencana Anggaran
Waktu Pelaksanaan
1.    
MGMP
1.       Meningkatkan keterampilan dan kemampuan guru dalam menyusun RP
2.       Meningkatkan penguasaan materi pelajaran
3.       Meningkatkan pengelolaan kelas
Semua guru
Kurikulum
1.       Guru mampu membuat RP dengan benar.
2.       Adanya peningkatan penguasaan materi pelajaran.
3.       Pengelolaan pembelajaran semakin baik
Rp.150.000,00
tiap peserta
2.
 Pelatihan dalam MGMP
Meningkatkan kemampuan guru sesuai dengan jenis pelatihan yang diikuti
Guru
Kurikulum
Guru memiliki kemampuan sesuai dengan bidang tugasnya
Sesuai kebutuhan
3.
IHT
Meningkatkan kemampuan guru dalam penyusunan KTSP
Guru
Kurikulum
Terwujudnya KTSP dan perangkat pembelajaran yang baik
Rp. 450.000,00
4.
Studi lanjut
Meningkatkan kualifikasi akademik
Guru yang belum S1Ka TU, Laboran, Pesuruh/ etugas kebersihan
Kepsek
Memiliki ijazah minimum sesuai peraturan
Sesuai kebutuhan

3.       Hasil Pemetaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
TABEL REKAPITULASI HASIL PEMETAAN
No
Nama
Integritas
Kualifikasi Akademik
Skill yang dimiliki
Rekomen
Ijazah
MP yang diampu
Sesuai / Tidak sesuai
Akademik
Non
Akademik
1.          
ROPINGI, S.Pd

S1
Matematika
S
Matematika
Kepsek

2.          
SRI SUPADMI, S.Pd
84.71
S2
BK
S
BK
Wakasek

3.          
SITI MUNFAJIROH, S. Pd
81.71
S1
Bhs. Indo
S
Bhs. Indo
Bendahara

4.          
SRI ELIANA, S. Pd
81.29
S1
IPA
S
Biologi
Wali Kolas
5.         S
ASTUTI, S.PdI
79.86
S1
Matematika
S
Matematika
Kurikulum
6.          
RAHMAWATI, S.Pd
79.86
S1
Bhs. Inggris
S
Bhs. Inggris
Kesiswaan

7.          
ZAHRATUL FIRDAUSI, S.Pd
78.43
S1
PPKN
S
PPKN
Wali kelas

8.          
SRIYANTO, S.Pd
79.57
S1
Penjasorkes
S
Penjasorkes
Sarpras

9.          
AHMAD DAINURI
78.43
SMA
Pend. Agama
TS
Agama
Diklat
10.       
SARWONO, SP
78.57
S1
Prakarya
TS
Pertanian
Bendahara
Diklat
11.       
SITI SALAMAH
78.29
S1
IPS
TS
Biologi
Wali Kolas
Diklat
12.       
ANWAR HJ
89.29
SMA

S

Administrasi

13.       
APRIANSYAH
84.14
SMA

S

Administrasi

14.       
NURLINDA
78.29
SMA

S

Administrasi

15.       
ANA HARIANI
78.29
SMA

S

Administrasi

16.       
ANISA REHANAH
78.14
SMA

S

Peng. perpus

17.       
ZULKIFLI
78.14
SMP

S

Tkng Kebun

18.       
SARI
78.14
SMP

S

Kebersihan

19.       
SITI SAIDAH
78.14
SMA

S

Kebersihan


BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Setelah melakukan kegiatan  OJL ProDEP di SMP Negeri 1 Kusan Hulu, maka dapat disimpulkan bahwa :
1.       Pengembangan dan pengelolaan PTK di sekolah perlu dilakukan secara terus menerus.
2.       Pelatihan pendidik dan tenaga kependidikan dalam rangka pelaksanaan tugas  masih perlu diadakan pelatihan dan bimbingan secara berkala dibidang IT .
3.       Pengelolaan PTK di SMP Negeri 1 Kusan Hulu, Kabupaten Tanah Bumbu ,sudah dilaksanakan dengan baik, meskipun masih ada yang perlu disesuaikan dengan peraturan yang ada.
4.       Setelah dilakukan kajian ulang tentang struktur organisasi yang lama, maka dibuat struktur organisasi sekolah yang baru.
B.      Saran
Setelah melakukan analisis tentang pengelolaan PTK maka dapat disarankan sebagai berikut :
1.       Semua tenaga pendidik dan kependidikan  sebaiknya mengetahui segala kelebihan dan kekurangannya sehingga dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik dapat optimal.
2.       Pendidik dan tenaga kependidikan hendaknya selalu memperdalam wawasan keilmuannya sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan baik seiring dengan kemajuan iptek.
3.       Kepala sekolah hendaknya mengembangkan diri terus menerus sehingga dalam melaksanakan tugas pokoknya khususnya dalam pengelolaan dan pemberdayaan PTK dapat menempatkan PTK sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.
4.       Segala kegiatan yang dilaksanakan di sekolah hendaknya sesuai dengan peraturan yang berlaku.


Komentar