BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang / Rasional
Setelah kepala sekolah mengikuti
kegiatan in sercice lerning / In-1 pada pelatihan pengembangan
keprofesiaan berkelanjutan kepala sekolah (PKB KS) selama 5 hari 4 malam, maka diteruskan dengan kegiatan On The Job Learning (OJL). Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di SMP Negeri Kusan Hulu kabupaten Tanah Bumbu.
Pada program Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
(PPTK), akan memahami permasalahan-permasalahan tentang pendidik dan tenaga
kependidikan, merevisi program PPTK, memetakan kualitas dan kinerja pendidik
dan tenaga kependidikan, serta melakukan reposisi personalia dan revisi struktur
organisasi sekolah sesuai situasi, kondisi, dan kebutuhan sekolah dengan
mempertimbangkan aspek sosial, dengan tidak melakukan diskriminatif pada
perbedaan individu.
Dengan mempelajari pengelolaan PTK akan dapat meningkatkan
pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam mengelola pendidik dan tenaga
kependidikan, memudahkan mengerjakan tugas-tugas sekolah, dan mengembangkan
ide-ide inovatif kepada teman sejawat khususnya tentang pengelolaan dan
pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan. PPTK penting dilakukan sebagai
salah satu upaya mendukung layanan pembelajaran yang bermutu dan dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran bagi tiap peserta didik dalam pencapaian
standar kompetensi lulusan.
Ketercapaian Standar Kompetesi Lulusan (SKL) sangat
dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu di antaranya adalah pengelolaan
pendidik dan tenaga kependidikan yang optimal. Pengelolaan pendidik dan tenaga
kependidikan merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh kepala sekolah
dalam mempersiapkan pendidik dan tenaga pendidikan profesional yang memiliki
kualifikasi dan kompetensi yang memadai dengan mempertimbangkan aspek sosial
inklusi (tidak diskriminatif pada perbedaan individu) sehingga menunjang proses
pembelajaran di sekolah secara optimal dan akhirnya dapat meningkatkan
kemampuan peserta didik.
Untuk dapat meningkatkan pengetahuan kepala sekolah, dan
menyesuaikan dengan peraturan yang ada tentang pengelolaan pendidik dan tenaga
kependidikan, maka kegiatan OJL dilakukan dengan cara mengkaji ulang dan
menyempurnakan program PPTK, penyempurnaan program pendidik dan tenaga
kependidikan dan memetakan pendidik dan tenaga kependidikan serta mereposisi
struktur organisasi sekolah.
B. Dasar
Hukum
1.
Undang
– Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional
2.
Undang
–Undang RI No. 32 tentang Pemerintah Daerah
3.
Peraturan
Pemerintah No.17 tahun 2010 tentang
pengelolaan dan
penyelenggaraan pendidikan.
4.
Peraturan
pemerintah No.32 tahun 2013 ,tentang Perubahan Peraturan Pemerintah No.19 tahun
2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
5.
Peraturan
Presiden No. 59 Tahun 2012 Tentang Kerangka Nasional Pengembangan Kapasitas
Pendidikan Kabupaten/ Kota.
6.
Permendiknas
No. 15 tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal.
7.
Permendiknas
No. 28 tahun2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah / Madrasah.
8.
Permendiknas
RI No 12 tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah.
9.
Permendiknas
RI No. 13 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
10.
Permendiknas
No.35 tahun 2010 tentang penilaian kinerja guru merupakan penilaian tiap butir
kegiatan utama guru dalam rangka pembinaan karir dan jabatan (termasuk guru yg
memiliki tugas tambahan sebagai kepala sekolah) PKKS/M dalam permendinas ini
memuat 6 aspek penilaian.
11.
Permendiknas
RI No. 19 tahun 2007 tentang Standar
Pengelolaan Sekolah.
12.
Permendagri
No. 59 tahun 2007 tentang Pedoman
Pengelolaan Keuangan Daerah
13.
Permenpan No.16
Tahun 2009 tentang Jabatan Guru dan Angka Kreditnya.
14.
Permendiknas
RI No. 63 tahun 2009 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan
15.
Permendikbud
No. 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.
C. Tujuan
1.
Tujuan
Umuum
Kepala Sekolah dapat melaksanakan
kegiatan Pengelolaan Pendidik dan Tenaga
Kependidikan di SMP Negeri 1 Kusan Hulu secara optimal.
2.
Tujuan
Khusus
a.
Tersusunnya
perencanaan program pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Negeri
1 Kusan Hulu.
b.
Terlaksananya
pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.
D. Sasaran
Sasaran dari kegiatan OJL PPTK adalah seluruh Pendidik dan Tenaga
Kependidikan yang ada di SMP Negeri 1 Kusan Hulu
E. Manfaat
Dengan
kegiatan OJL tentang PBU PPTK , diharapkan kepala sekolah :
1.
Kemampuan
/ kompetensi kepala sekolah dalam melaksanakan pengelolaan dan pemberdayan PTK di SMP Negeri 1 Kusan Hulu semakin baik dan meningkat.
2.
Mampu
menempatkan dan memberi tugas, melakukan rekrutmen PTK sesuai dengan kebutuhan,
Efektif dan Efisien.
3.
Kepala
sekolah dapat melaksanakan reposisi struktur organisasi di SMP Negeri 1 Kusan Hulu sesuai hasil identifikasi diskripsi tugas
pendidik dan tenaga kependidikan.
BAB II
PELAKSANAAN ON THE JOB LEARNING
A.
Waktu
Waktu kegiatan OJL ProDEP PPTK dilaksanakan pada hari sabtu, tanggal 08
Nopember 2014 selama 1 hari dengan durasi pertemuan sebanyak 3 jam dan
dilanjutkan dengan tugas mandiri peserta yang dikerjakan di rumah.
B.
Tempat
Kegiatan OJL ProDEP PPTK di SMP Negeri 1 Kusan Hulu dilaksanakan di
ruang guru SMP Negeri 1 Kusan Hulu, kab. Tanah bumbu, Kalimantan Selatan
C.
Peserta
Peserta OJL ProDEP PPTK di SMP Negeri 1 Kusan Hulu berjumlah 20 orang,
terdiri dari 1 orang pengawas pembina, 1 kepala sekolah, dan 18 tenaga pendidik
dan kependidikan
BAB III
HASIL ON JOB LEARNING (OJL)
A. HASIL
KEGIATAN
Kegiatan OJL ProDEP dilaksanakan di SMP
Negeri 1 Kusan Hulu mengacu pada panduan Rencana Tindak Lanjut yang sudah
disepakati pada in-1, dan semaksimal mungkin mengikuti jadual. Mengingat
kondisi dan situasi di Sekolah tidak memungkinkan untuk sepenuhnya mengikuti
RTL yang sudah ada, maka kegiatan OJL dilaksanakan dengan menyesuaikan dengan
kondisi sekolah.
Hasil kegiatan di OJL ProDEP yang
dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kusan Hulu adalah sebagai berikut :
1. Hasil
Kaji Ulang Program Pengelolaan
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
No
|
Aspek kompensasi
|
Pelaksanaan
|
Rekomendasi
|
|||
Ya
|
Bukti
|
Tidak
|
Alasan
|
|||
1
|
Merencanakan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
(PNS, Non PNS) berdasarkan analisis kebutuhan
|
√
|
Analisis
kebutuhan PTK
|
|
|
Kekurangan/
kelebihan PTK mengusulkan ke Dinas Pendidikan
|
2
|
Melakukan rekrutmen dan seleksi Pendidik dan
Tenaga Kependidikan
|
|
|
√
|
Adanya
larangan pengang
katan
GTT/PTT dari pemerintah
|
|
PNS
|
|
|
|
|
|
|
Non PNS (Seleksi
dilaksanakan secara terbuka, efektif, dan akuntabel)
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Menempatkan dan menugaskan (PNS, Non PNS)
sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi
|
√
|
SK
KBM
|
|
|
Guru
yang mengampu tidak sesuai mapel pada ijazah agar studi lanjut / diklat
|
4
|
Memberikan kompensasi kepada pendidik dan
tenaga kependidikan:
|
|
|
|
|
|
PNS
|
√
|
SK
KBM/ Tugas tambahan
|
|
|
Diusulkan
menjadi waka, mengikuti seleksi guru berprestasi tingkat Kota, pemberian
penghargaan.
|
|
Non PNS
|
√
|
SK
Pembagian tugas
|
|
|
Pemberian
penghargaan dari sekolah,
Diusulkan
tes seleksi CPNS
|
|
5
|
Menilai Kinerja (PNS, Non PNS)
|
|
|
|
|
|
a. Berdasarkan aturan yang berlaku
|
√
|
Instrumen
Penilaian Kinerja
|
|
|
Penilaian
dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku.
|
|
b. Bersifat obyektif, akurat, dan konsisten
|
√
|
Hasil
Penilaian kinerja
|
|
|
Penilaian
dilaksanakan seobjektif mungkin.
|
|
6
|
Mengembangkan karir PNS dan Non PNS untuk
meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
|
√
|
Pembagian
tugas tambahan sesuai dg kemampuan, pengetahuan,keterampilan dan ,kemauan SK
Pembagian tugas,
|
|
|
Promosi
jabatan dilakukan tiap tahun pelajaran dan mampu memperbaiki kinerja sekolah.
|
7
|
Mengadakan pelatihan dan pengembangan
kompetensi (PNS, Non PNS) sesuai kebutuhan
|
√
|
Panitia
pelatihan/ dokumentasi, Surat tugas pelatihan
|
|
|
Semua
PTK selalu mengembangkan diri, dan hasil pelatihan diimplementasikan dalam
tugas sehari-hari.
|
8
|
Menciptakan lingkungan kerja yang kondusif
|
√
|
Tidak
terjadi gejolak
|
|
|
Dijaga
dan ditingkatkan
|
9
|
Melaksanaan pensiun (PNS) /pemberhentian (Non
PNS) sesuai peraturan yang berlaku
|
√
|
Usulan
Pensiun
|
|
|
Pensiun
tepat waktu
|
2. Penyempurnaan
Program Pengelolaan
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
No
|
Kegiatan
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Penanggung
Jawab
|
Indikator
Keberhasilan
|
Rencana
Anggaran
|
Waktu
Pelaksanaan
|
1.
|
MGMP
|
1. Meningkatkan
keterampilan dan kemampuan guru dalam menyusun RP
2. Meningkatkan
penguasaan materi pelajaran
3. Meningkatkan
pengelolaan kelas
|
Semua
guru
|
Kurikulum
|
1. Guru
mampu membuat RP dengan benar.
2. Adanya
peningkatan penguasaan materi pelajaran.
3. Pengelolaan
pembelajaran semakin baik
|
Rp.150.000,00
tiap
peserta
|
|
2.
|
Pelatihan
dalam MGMP
|
Meningkatkan
kemampuan guru sesuai dengan jenis pelatihan yang diikuti
|
Guru
|
Kurikulum
|
Guru
memiliki kemampuan sesuai dengan bidang tugasnya
|
Sesuai
kebutuhan
|
|
3.
|
IHT
|
Meningkatkan
kemampuan guru dalam penyusunan KTSP
|
Guru
|
Kurikulum
|
Terwujudnya
KTSP dan perangkat pembelajaran yang baik
|
Rp.
450.000,00
|
|
4.
|
Studi lanjut
|
Meningkatkan
kualifikasi akademik
|
Guru
yang belum S1Ka TU, Laboran, Pesuruh/ etugas kebersihan
|
Kepsek
|
Memiliki
ijazah minimum sesuai peraturan
|
Sesuai
kebutuhan
|
3. Hasil
Pemetaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
TABEL
REKAPITULASI HASIL PEMETAAN
No
|
Nama
|
Integritas
|
Kualifikasi
Akademik
|
Skill
yang dimiliki
|
Rekomen
|
|||
Ijazah
|
MP
yang diampu
|
Sesuai
/ Tidak sesuai
|
Akademik
|
Non
Akademik
|
||||
1.
|
ROPINGI, S.Pd
|
|
S1
|
Matematika
|
S
|
Matematika
|
Kepsek
|
|
2.
|
SRI SUPADMI, S.Pd
|
84.71
|
S2
|
BK
|
S
|
BK
|
Wakasek
|
|
3.
|
SITI MUNFAJIROH, S. Pd
|
81.71
|
S1
|
Bhs. Indo
|
S
|
Bhs. Indo
|
Bendahara
|
|
4.
|
SRI ELIANA, S. Pd
|
81.29
|
S1
|
IPA
|
S
|
Biologi
|
Wali Kolas
|
|
5.
S
|
ASTUTI, S.PdI
|
79.86
|
S1
|
Matematika
|
S
|
Matematika
|
Kurikulum
|
|
6.
|
RAHMAWATI, S.Pd
|
79.86
|
S1
|
Bhs. Inggris
|
S
|
Bhs. Inggris
|
Kesiswaan
|
|
7.
|
ZAHRATUL FIRDAUSI, S.Pd
|
78.43
|
S1
|
PPKN
|
S
|
PPKN
|
Wali kelas
|
|
8.
|
SRIYANTO, S.Pd
|
79.57
|
S1
|
Penjasorkes
|
S
|
Penjasorkes
|
Sarpras
|
|
9.
|
AHMAD DAINURI
|
78.43
|
SMA
|
Pend. Agama
|
TS
|
Agama
|
Diklat
|
|
10.
|
SARWONO, SP
|
78.57
|
S1
|
Prakarya
|
TS
|
Pertanian
|
Bendahara
|
Diklat
|
11.
|
SITI SALAMAH
|
78.29
|
S1
|
IPS
|
TS
|
Biologi
|
Wali Kolas
|
Diklat
|
12.
|
ANWAR HJ
|
89.29
|
SMA
|
|
S
|
|
Administrasi
|
|
13.
|
APRIANSYAH
|
84.14
|
SMA
|
|
S
|
|
Administrasi
|
|
14.
|
NURLINDA
|
78.29
|
SMA
|
|
S
|
|
Administrasi
|
|
15.
|
ANA HARIANI
|
78.29
|
SMA
|
|
S
|
|
Administrasi
|
|
16.
|
ANISA REHANAH
|
78.14
|
SMA
|
|
S
|
|
Peng. perpus
|
|
17.
|
ZULKIFLI
|
78.14
|
SMP
|
|
S
|
|
Tkng Kebun
|
|
18.
|
SARI
|
78.14
|
SMP
|
|
S
|
|
Kebersihan
|
|
19.
|
SITI
SAIDAH
|
78.14
|
SMA
|
|
S
|
|
Kebersihan
|
|
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Setelah melakukan kegiatan OJL ProDEP di SMP Negeri 1 Kusan Hulu, maka dapat disimpulkan bahwa :
1.
Pengembangan
dan pengelolaan PTK di sekolah perlu dilakukan secara terus menerus.
2.
Pelatihan pendidik dan tenaga kependidikan dalam rangka pelaksanaan tugas masih perlu diadakan pelatihan dan bimbingan secara berkala
dibidang IT .
3.
Pengelolaan
PTK di SMP Negeri 1 Kusan Hulu,
Kabupaten Tanah Bumbu ,sudah
dilaksanakan dengan baik, meskipun masih ada yang perlu disesuaikan dengan
peraturan yang ada.
4.
Setelah
dilakukan kajian ulang tentang struktur organisasi yang lama, maka dibuat
struktur organisasi sekolah yang baru.
B. Saran
Setelah melakukan analisis tentang
pengelolaan PTK maka dapat disarankan sebagai berikut :
1.
Semua
tenaga pendidik dan kependidikan
sebaiknya mengetahui segala kelebihan dan kekurangannya sehingga dalam
memberikan pelayanan kepada peserta didik dapat optimal.
2.
Pendidik
dan tenaga kependidikan hendaknya selalu memperdalam wawasan keilmuannya
sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan baik seiring dengan kemajuan iptek.
3.
Kepala
sekolah hendaknya mengembangkan diri terus menerus sehingga dalam melaksanakan
tugas pokoknya khususnya dalam pengelolaan dan pemberdayaan PTK dapat
menempatkan PTK sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.
4.
Segala
kegiatan yang dilaksanakan di sekolah hendaknya sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Komentar
Posting Komentar