Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Kepala Sekolah/Madrasah ( PKB-KS/M )
Profesional Development For Education
Personal Program
(
ProDEP )
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang / Rasional
Setelah kepala sekolah mengikuti kegiatan in sercice lerning / In-1 pada pelatihan pengembangan
keprofesiaan berkelanjutan kepala sekolah (PKB KS) selama 5 hari 4 malam, maka diteruskan dengan kegiatan On The
Job Learning (OJL).
Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di SMP Negeri Kusan Hulu kabupaten Tanah Bumbu.
Pada program Pengelolaan Kurikulum
(PKU), akan memahami tentang permasalahan kurikulum 2013, merevisi dokumen KTSP
2013, merevisi RPP beserta komponen-komponen yang terkait di dalamnya.
Dengan mempelajari pengelolaan
Kurikulum akan
dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam mengelola mengelola
kurikulum,
meliputi
kegiatan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum secara efektif,
sehingga dapat dijadikan panduan bagi pendidik dalam menerapkan kurikulum untuk
menciptakan proses belajar mengajar yang mendidik, beragam, dan menyenangkan
sehingga dapat meningkatkan prestasi peserta didik. Dengan demikian, visi dan
misi sekolah dapat dipahami serta diwujudkan kedalam sikap, perilaku,
kebiasaan, kinerja dan profil lulusan sekolah yang mengacu pada tuntutan
masyarakat indonesia baru yang cerdas dan kompetitif.
B. Dasar Hukum
1. Permendikbud
No. 54 tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan
2. Permendikbud no.
65 tahun 2013 tentang Standar Proses
3. Permendikbud
no. 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian
4. Permendikbud no. 67, 68, 69, dan 70 tahun 2013
tentang Kerangka Dasar dan
Struktur Kurikulum SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA,
dan SMK/MAK
5. Salinan Permendiknas No 81A Tahun 2013 tentang Implementasi
Kurikulum.
6. Lampiran i Permendiknas No 81A Tahun 2013 tentang Implementasi
Kurikulum, tentang Pedoman Penyusunan KTSP.
7. Lampiran ii Permendiknas No 81A Tahun 2013 tentang Implementasi
Kurikulum, Pedoman Pengembangan Muatan Lokal.
8. Lampiran iii Permendiknas No 81A Tahun 2013 tentang Implementasi
Kurikulum, Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler.
9. Lampiran iv Permendiknas No 81A Tahun 2013 tentang Implementasi
Kurikulum, Pedoman Umum Pembelajaran.
10. Lampiran v Permendiknas No 81A Tahun 2013 tentang Implementasi
Kurikulum, Pedoman Evaluasi Kurikulum.
11.
Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2006
dari BSNP.
1.
Tujuan
1. Tujuan Umuum
Kepala Sekolah dapat melaksanakan kegiatan
Pengelolaan Kurikulum di SMP Negeri 1 Kusan Hulu secara optimal.
2. Tujuan Khusus
a.
Disempurnakanya dokumen Kurikulum di SMP Negeri 1 Kusan Hulu.
b.
Disempurnakannya dokumen RPP pada setiap mata
pelajaran.
c.
Terlaksananya pembelajaran secara optimal.
2.
Sasaran
Sasaran dari kegiatan OJL PKU adalah seluruh Pendidik yang ada di SMP
Negeri 1 Kusan Hulu
3.
Manfaat
Dengan kegiatan OJL tentang PBU PKU , diharapkan kepala sekolah :
1. Memiliki kemampuan/kompetensi kepala sekolah
dalam melaksanakan pengelolaan kurikulum di SMP Negeri 1 Kusan Hulu semakin baik dan meningkat.
2. Mampu membimbing pendidik dalam
merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran,melakukan penilaian dan
analisis evaluasi hasil belajar peserta didik.
3. Dapat mendorong
pendidik untuk melakukan tugasnya sesuai dengan peraturan dan
perundang-undangan yang berlaku.
BAB II
PELAKSANAAN ON THE JOB LEARNING
A.
Waktu
Waktu kegiatan OJL ProDEP Pengelolaan Kurikulum
dilaksanakan pada hari senin, tanggal 27 Nopember 2014 selama 1 hari dengan
durasi pertemuan sebanyak 3 jam dan dilanjutkan dengan tugas mandiri peserta
yang dikerjakan di rumah.
B.
Tempat
Kegiatan OJL ProDEP PKU di SMP Negeri 1 Kusan Hulu
dilaksanakan di ruang guru SMP Negeri 1 Kusan Hulu, kab. Tanah bumbu,
Kalimantan Selatan
C.
Peserta
Peserta OJL ProDEP PKU di SMP Negeri 1 Kusan Hulu
berjumlah 15 orang, terdiri dari 1 orang pengawas pembina, 1 kepala sekolah,
dan 13 tenaga pendidik dan kependidikan
BAB III
HASIL ON JOB LEARNING (OJL)
A. HASIL KEGIATAN
1. Hasil Identifikasi
Kriteria Penyusunan dan Pengelolaan Dokumen KTSP yang Baik
No
|
Kriteria Penyusunan KTSP
|
Kriteria Pengelolaan KTSP
|
Komentar/Saran
|
1
|
Cover/halaman judul
|
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
|
Dikalukan revisi dan diisesuaikan
dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
|
2
|
Lembar Pengesahan
|
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
|
Dikalukan revisi dan diisesuaikan
dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
|
3
|
Daftar isi
|
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
|
Dikalukan revisi dan diisesuaikan
dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
|
4
|
I.
PENDAHULUAN
|
||
5
|
A.
Rasional
|
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
|
Dikalukan revisi dan diisesuaikan
dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
|
6
|
B. Visi
Satuan Pendidikan
|
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
|
Dikalukan revisi dan diisesuaikan
dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
|
7
|
C.
Misi Satuan Pendidikan
|
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
|
Dikalukan revisi dan diisesuaikan
dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
|
8
|
D.
Tujuan Pendidikan
|
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
|
Dikalukan revisi dan diisesuaikan
dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
|
9
|
II.
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
|
||
10
|
A.
Struktur Kurikulum Satuan Pendidikan
|
Sudah ada dan sesuai
|
|
11
|
B.
Program Muatan Lokal
|
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
|
Dikalukan revisi dan diisesuaikan
dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
|
12
|
C.
Kegiatan Pengembangan Diri
|
Sudah ada dan sesuai
|
|
13
|
D.
Pengaturan Beban Belajar
|
Sudah ada dan sesuai
|
|
14
|
E.
Ketuntasan Belajar
|
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
|
Dikalukan revisi dan diisesuaikan
dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
|
15
|
F.
Kenaikan Kelas
|
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
|
Dikalukan revisi dan diisesuaikan
dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
|
16
|
G. Kelulusan
|
Sudah ada dan sesuai
|
|
17
|
H.
Pendidikan Kecakapan Hidup dan
Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global,
|
Belum ada
|
Ditambah dan diisesuaikan dengan
peraturan dan ketentuan yang berlaku
|
18
|
III. KALENDER
PENDIDIKAN
|
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
|
Dikalukan revisi dan diisesuaikan
dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
|
2. Hasil Kajian KTSP
Komponen
KTSP
|
Kesesuaian
dengan Konsep
|
Keterleksanaan
dan Kesesuaian dengan Kondisi Sekolah/ Madrasah
|
Usulan
Perbaikan
|
1.
Visi, Misi, dan Tujuan
Pendidikan Satuan Pendidikan
|
|||
a. Visi mendeskripsikan
cita-cita yang hendak dicapai oleh satuan pendidikan.
|
√
|
√
|
Dilakukan
revisi dan disempurnakan
|
b. Misi mendeskripsikan
indikator-indikator yang harus dilakukan melalui rencana tindakan dalam
mewujudkan visi satuan pendidikan.
|
√
|
√
|
Dilakukan
revisi dan disempurnakan
|
c. Tujuan pendidikan
mendeskripsikan hal-hal yang perlu diwujudkan sesuai dengan karakteristik
satuan pendidikan.
|
√
|
√
|
Dilakukan
revisi dan disempurnakan
|
2.
Muatan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan
|
√
|
√
|
Dilakukan
revisi dan disempurnakan
|
3. Muatan Kurikulum pada
Tingkat Nasional (untuk SMP/MTs mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum
SMP/MTs)
|
|||
a.
Muatan Kurikulum pada Tingkat Daerah
|
√
|
√
|
Dilakukan
revisi dan disempurnakan
|
b.
Muatan Kekhasan Satuan Pendidikan
|
X
|
x
|
Tidak
dilaksanakan
|
4.
Pengaturan Beban Belajar
|
|||
a.
Beban belajar dalam KTSP diatur dalam bentuk sistem paket atau
sistem kredit semester.
|
|||
· Sistem Paket
|
√
|
√
|
Dilakukan
revisi dan disempurnakan
|
· Sistem Kredit Semester
|
--
|
--
|
Tidak
dilaksanakan
|
b.
Beban belajar tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan
mandiri.
|
|||
· Sistem Paket
|
√
|
√
|
Dilakukan
revisi dan disempurnakan
|
· Sistem Kredit Semester
|
--
|
--
|
|
5.
Kalender Pendidikan
|
|||
a.
Permulaan Waktu Pelajaran
|
√
|
Dilakukan
revisi dan disempurnakan
|
|
b.
Pengaturan Waktu Belajar Efektif
|
√
|
Dilakukan
revisi dan disempurnakan
|
|
c.
Pengaturan Waktu Libur
|
√
|
Dilakukan
revisi dan disempurnakan
|
|
6.
Pedoman teknis
pelaksanaan muatan lokal
|
x
|
x
|
Dibuat
dan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku
|
7.
Perencanaan, pelaksanaan
pembelajaran, dan penilaian
|
√
|
Dilakukan
revisi dan disempurnakan
|
|
8.
Pedoman teknis
pelaksanaan bimbingan dan konseling
|
√
|
Dilakukan
revisi dan disempurnakan
|
|
9.
Pedoman teknis
pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
|
x
|
x
|
Dibuat
dan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku
|
3.
Hasil Kajian Dokumen
RPP.
NAMA SEKOLAH : SMP NEGERI 1 KUSAN HULU
NAMA MATA PELAJARAN : IPA
KELAS : VII
Komponen
RPP
|
Kebaikan
Konseptual *)
|
Keterlaksanaan
dan kesesuaian dengan kondisi sekolah/ madrasah *)
|
Usulan
perbaikan
|
Sekolah
|
√
|
√
|
|
Mata pelajaran
|
√
|
√
|
|
Kelas/Semester
|
√
|
√
|
|
Materi Pokok
|
√
|
√
|
|
Alokasi Waktu
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
A. Kompetensi Inti (KI)
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
||
1. (KD pada KI-1)
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
2. (KD pada KI-2)
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
3. (KD pada KI-3)
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
4. (KD pada KI-4)
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
C. Tujuan Pembelajaran
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
D. Materi Pembelajaran
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
E. Metode Pembelajaran
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
F. Media, Alat, dan
sumber Pembelajaran
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
1.
Media
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
2.
Alat/bahan
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
3.
Sumber
Belajar
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
G. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
1.
Pendahuluan
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
2.
Kegiatan
inti
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
3.
Penutup
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
H.
Penilaian
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
B. Jenis Penilaian
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
C. Bentuk Instrumen dan
instrumen
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
D. Pedoman perskoran
|
√
|
√
|
Direvisi dan
disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
|
E. Hasil Mentoring Kegiatan Mengkaji dan Menyempurnakan
dokumen RPP
No
|
Mata
pelajaran
|
Kelas
|
Pelaksanaan
|
Temuan
|
Solusi
|
|
Sudah
|
Belum
|
|||||
1
|
Pendidikan Agama dan Budi pekerti
|
VII
|
√
|
Indikator sesuai dengan KI dan KD
|
Dilakukan revisi dan disempurnakan
|
|
VIII
|
√
|
Diskripsi kegiatan pembelajaran belum ada
|
Dibuatkan diskripsi dan di sempurnakan
|
|||
2
|
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
|
VII
|
√
|
Indikator
sesuai dengan KI dan KD
|
Dilakukan penyempurnaan
|
|
VIII
|
√
|
Diskripsi kegiatan pembelajaran belum lengkap
|
Dibuatkan diskripsi dan disempurnakan
|
|||
3
|
Bahasa Indonesia
|
VII
|
√
|
Sumber belajar belum lengkap
|
Dilengkapi dan dilakukan penyempurnaan
|
|
VIII
|
√
|
Diskripsi kegiatan pembelajaran belum lengkap
|
Dilengkapi dan di sempurnakan
|
|||
4
|
Bahasa Inggris
|
VII
|
√
|
Diskripsi kegiatan pembelajaran belum lengkap
|
Dilengkapi dan di sempurnakan
|
|
VIII
|
√
|
Diskripsi kegiatan pembelajaran belum lengkap
|
Dilengkapi dan disempurnakan
|
|||
5
|
Matematika
|
VII
|
√
|
Materi
pembelajaran kurang lengkap
|
Dilengkapi dan dilakukan penyempurnaan
|
|
VIII
|
√
|
Sumber belajar tidak lengkap
|
Dilengkapi dan dilakukan penyempurnaan
|
|||
6
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
VII
|
√
|
Diskripsi kegiatan pembelajaran belum lengkap
|
Dilengkapi dan disempurnakan
|
|
VIII
|
√
|
Sumber belajar belum lengkap
|
Dilengkapi dan dilakukan penyempurnaan
|
|||
7
|
Ilmu Pengetahuan Sosial.
|
VII
|
√
|
RPP tidak
disertai dengan pedoman penskoraan
|
Direvisi dan dilakukan penyempurnaan
|
|
VIII
|
√
|
Indikator tidak
sesuai dengan KI dan KD
|
Direvisi dan dilakukan penyempurnaan
|
|||
8
|
Seni Budaya
|
VII
|
√
|
Indikator tidak
sesuai dengan KI dan KD
|
Direvisi dan dilakukan penyempurnaan
|
|
VIII
|
√
|
RPP tidak
disertai dengan pedoman penskoraan
|
Dibuatkan pedoman pensekoran
|
|||
9
|
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
VII
|
√
|
Indikator
sesuai dengan KI dan KD
|
Dilakukan penyempurnaan
|
|
VIII
|
√
|
Diskripsi kegiatan pembelajaran belum lengkap
|
Dilengkapi dan di sempurnakan
|
|||
10
|
Prakarya
|
VII
|
√
|
RPP tidak
disertai dengan pedoman penskoraan
|
Dibuatkan pedoman pensekoran
|
|
VIII
|
√
|
Indikator tidak
sesuai dengan KI dan KD
|
Direvisi dan dilakukan penyempurnaan
|
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Setelah
melakukan kegiatan on the job learning ,
maka dapat disimpulkan bahwa :
1. Pengkajian dan
revisi kurikulum sekolah di sekolah perlu dilakukan dan di sempurnakan secara terus menerus.
2. Pengelolaan Kurikulum di SMP Negeri 1 Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu, sudah dilaksanakan dengan baik,
meskipun masih ada yang perlu disesuaikan dengan peraturan yang ada.
3. Setelah dilakukan kajian ulang tentang Kurikulum yang lama, maka dibuat penyempurnaan
Dokumen kurikulum dan RPP yang baru.
B.
Saran
Setelah
melakukan analisis tentang pengelolaan PTK maka dapat disarankan sebagai
berikut :
1. Semua tenaga pendidik sebaiknya
mengetahui dasar hukum dan uraian tentang kurikulum yang berlaku serta panduan
dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik dapat optimal.
2. Pembinaan
terhadap pendidik dalam rangka penyempurnaan pembuatan perangkat persiapan
pembelajaran (RPP) diharapkan lebih meningkat dan berekesinambungan.
3. Pendidik hendaknya selalu memperdalam wawasan
keilmuannya sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan baik seiring dengan
kemajuan iptek.
4. Kepala sekolah hendaknya mengembangkan
diri terus menerus sehingga dalam melaksanakan tugas pokoknya khususnya dalam
pengelolaan Kurikulum sesuai
dengan kompetensi yang dimilikinya.
5. Segala kegiatan yang dilaksanakan di
sekolah hendaknya sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Komentar
Posting Komentar