Profesional Development For Education Personal Program ( ProDEP ) PKU

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah/Madrasah ( PKB-KS/M )
Profesional Development For Education Personal Program
 ( ProDEP )

BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang / Rasional      
Setelah kepala sekolah mengikuti kegiatan in sercice lerning / In-1 pada pelatihan pengembangan keprofesiaan berkelanjutan kepala sekolah (PKB KS) selama 5 hari 4 malam, maka diteruskan dengan kegiatan On The Job Learning (OJL). Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di SMP Negeri Kusan Hulu kabupaten Tanah Bumbu.
Pada program Pengelolaan Kurikulum (PKU), akan memahami tentang permasalahan kurikulum 2013, merevisi dokumen KTSP 2013, merevisi RPP beserta komponen-komponen yang terkait di dalamnya.
Dengan mempelajari pengelolaan Kurikulum akan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam mengelola mengelola kurikulum, meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum secara efektif, sehingga dapat dijadikan panduan bagi pendidik dalam menerapkan kurikulum untuk menciptakan proses belajar mengajar yang mendidik, beragam, dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan prestasi peserta didik. Dengan demikian, visi dan misi sekolah dapat dipahami serta diwujudkan kedalam sikap, perilaku, kebiasaan, kinerja dan profil lulusan sekolah yang mengacu pada tuntutan masyarakat indonesia baru yang cerdas dan kompetitif.
B.      Dasar Hukum
1.       Permendikbud No. 54 tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan
2.       Permendikbud no. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses
3.       Permendikbud no. 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian

4.       Permendikbud no. 67, 68, 69, dan 70 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan 
Struktur Kurikulum SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, dan SMK/MAK
5.       Salinan Permendiknas No 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.
6.       Lampiran i Permendiknas No 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum, tentang Pedoman Penyusunan KTSP.
7.       Lampiran ii Permendiknas No 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum, Pedoman Pengembangan Muatan Lokal.
8.       Lampiran iii Permendiknas No 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum, Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler.
9.       Lampiran iv Permendiknas No 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum, Pedoman Umum Pembelajaran.
10.   Lampiran v Permendiknas No 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum, Pedoman Evaluasi Kurikulum.
11.   Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2006 dari BSNP.
1.       Tujuan
1.       Tujuan Umuum
Kepala Sekolah dapat melaksanakan kegiatan  Pengelolaan Kurikulum di  SMP Negeri 1 Kusan Hulu secara optimal.
2.       Tujuan Khusus
a.       Disempurnakanya dokumen Kurikulum di SMP Negeri 1 Kusan Hulu.
b.      Disempurnakannya dokumen RPP pada setiap mata pelajaran.
c.       Terlaksananya pembelajaran secara optimal.
2.       Sasaran
          Sasaran dari kegiatan OJL PKU adalah seluruh Pendidik yang ada di SMP Negeri 1 Kusan Hulu
3.       Manfaat
Dengan kegiatan OJL tentang PBU PKU , diharapkan kepala sekolah  :
1.       Memiliki kemampuan/kompetensi kepala sekolah dalam melaksanakan pengelolaan kurikulum di SMP Negeri 1 Kusan Hulu semakin baik dan meningkat.
2.       Mampu membimbing pendidik dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran,melakukan penilaian dan analisis evaluasi hasil belajar peserta didik.
3.       Dapat mendorong pendidik untuk melakukan tugasnya sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
  
BAB II
PELAKSANAAN ON THE JOB LEARNING
A.        Waktu
Waktu kegiatan OJL ProDEP Pengelolaan Kurikulum dilaksanakan pada hari senin, tanggal 27 Nopember 2014 selama 1 hari dengan durasi pertemuan sebanyak 3 jam dan dilanjutkan dengan tugas mandiri peserta yang dikerjakan di rumah.
B.        Tempat
Kegiatan OJL ProDEP PKU di SMP Negeri 1 Kusan Hulu dilaksanakan di ruang guru SMP Negeri 1 Kusan Hulu, kab. Tanah bumbu, Kalimantan Selatan
C.        Peserta
Peserta OJL ProDEP PKU di SMP Negeri 1 Kusan Hulu berjumlah 15 orang, terdiri dari 1 orang pengawas pembina, 1 kepala sekolah, dan 13 tenaga pendidik dan kependidikan


BAB III
HASIL ON JOB LEARNING (OJL)
A.      HASIL KEGIATAN
1.       Hasil Identifikasi Kriteria Penyusunan dan Pengelolaan Dokumen KTSP yang Baik
No
Kriteria Penyusunan KTSP
Kriteria Pengelolaan KTSP
Komentar/Saran
1
Cover/halaman judul
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
Dikalukan revisi dan diisesuaikan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
2
Lembar Pengesahan
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
Dikalukan revisi dan diisesuaikan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
3
Daftar isi
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
Dikalukan revisi dan diisesuaikan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
4
I.      PENDAHULUAN


5
A.   Rasional
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
Dikalukan revisi dan diisesuaikan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
6
B.   Visi Satuan Pendidikan
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
Dikalukan revisi dan diisesuaikan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
7
C.   Misi Satuan Pendidikan
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
Dikalukan revisi dan diisesuaikan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
8
D.   Tujuan Pendidikan
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
Dikalukan revisi dan diisesuaikan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
9
II.    STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN


10
A.        Struktur Kurikulum Satuan Pendidikan
Sudah ada dan sesuai

11
B.        Program Muatan Lokal
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
Dikalukan revisi dan diisesuaikan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
12
C.        Kegiatan Pengembangan Diri
Sudah ada dan sesuai

13
D.        Pengaturan Beban Belajar
Sudah ada dan sesuai

14
E.        Ketuntasan Belajar
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
Dikalukan revisi dan diisesuaikan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
15
F.        Kenaikan Kelas
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
Dikalukan revisi dan diisesuaikan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
16
G.       Kelulusan
Sudah ada dan sesuai

17
H.        Pendidikan Kecakapan Hidup dan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global,
Belum ada
Ditambah dan diisesuaikan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku
18
III.   KALENDER PENDIDIKAN
Sudah ada dan sebagian belum sesuai
Dikalukan revisi dan diisesuaikan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku

2.       Hasil Kajian KTSP
Komponen KTSP
Kesesuaian dengan Konsep
Keterleksanaan dan Kesesuaian dengan Kondisi Sekolah/ Madrasah
Usulan Perbaikan
1.    Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan Satuan Pendidikan



a.  Visi mendeskripsikan cita-cita yang hendak dicapai oleh satuan pendidikan.
Dilakukan revisi dan disempurnakan
b. Misi mendeskripsikan indikator-indikator yang harus dilakukan melalui rencana tindakan dalam mewujudkan visi satuan pendidikan.
Dilakukan revisi dan disempurnakan
c.  Tujuan pendidikan mendeskripsikan hal-hal yang perlu diwujudkan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan.
Dilakukan revisi dan disempurnakan
2.    Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Dilakukan revisi dan disempurnakan
3.    Muatan Kurikulum pada Tingkat Nasional (untuk SMP/MTs mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTs)



a.       Muatan Kurikulum pada Tingkat Daerah
Dilakukan revisi dan disempurnakan
b.      Muatan Kekhasan Satuan Pendidikan
X
x
Tidak dilaksanakan
4.    Pengaturan Beban Belajar



a.       Beban belajar dalam KTSP diatur dalam bentuk sistem paket atau sistem kredit semester.



·     Sistem Paket
Dilakukan revisi dan disempurnakan
·     Sistem Kredit Semester
--
--
Tidak dilaksanakan
b.      Beban belajar tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri.



·     Sistem Paket
Dilakukan revisi dan disempurnakan
·     Sistem Kredit Semester
--
--

5.    Kalender Pendidikan



a.       Permulaan Waktu Pelajaran

Dilakukan revisi dan disempurnakan
b.      Pengaturan Waktu Belajar Efektif

Dilakukan revisi dan disempurnakan
c.       Pengaturan Waktu Libur

Dilakukan revisi dan disempurnakan
6.       Pedoman teknis pelaksanaan muatan lokal
x
x
Dibuat dan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku
7.       Perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian

Dilakukan revisi dan disempurnakan
8.       Pedoman teknis pelaksanaan bimbingan dan konseling

Dilakukan revisi dan disempurnakan
9.       Pedoman teknis pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
x
x
Dibuat dan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku

3.       Hasil Kajian Dokumen RPP.
NAMA SEKOLAH                      : SMP NEGERI 1 KUSAN HULU
NAMA MATA PELAJARAN         : IPA
KELAS                                      : VII

Komponen RPP
Kebaikan Konseptual *)
Keterlaksanaan dan kesesuaian dengan kondisi sekolah/ madrasah *)
Usulan perbaikan
Sekolah

Mata pelajaran

Kelas/Semester

Materi Pokok

Alokasi Waktu
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
A.      Kompetensi Inti (KI)
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
B.      Kompetensi Dasar dan Indikator


Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
1.       (KD pada KI-1)
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
2.       (KD pada KI-2)
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
3.       (KD pada KI-3)
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
4.       (KD pada KI-4)
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
C.      Tujuan Pembelajaran
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
D.      Materi Pembelajaran
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
E.       Metode Pembelajaran
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
F.       Media, Alat, dan sumber Pembelajaran
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
1.       Media
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
2.       Alat/bahan
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
3.       Sumber Belajar
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
G.      Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
1.       Pendahuluan
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
2.       Kegiatan inti
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
3.       Penutup
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
H.      Penilaian
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
B.   Jenis Penilaian
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
C.   Bentuk Instrumen dan instrumen
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
D.  Pedoman perskoran
Direvisi dan disempurnakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku

E.      Hasil Mentoring Kegiatan Mengkaji dan Menyempurnakan dokumen RPP
No
Mata pelajaran
Kelas
Pelaksanaan
Temuan
Solusi
Sudah
Belum
1
Pendidikan Agama dan Budi pekerti
VII

Indikator sesuai dengan KI dan KD
Dilakukan revisi dan disempurnakan
VIII

Diskripsi kegiatan pembelajaran belum ada
Dibuatkan diskripsi dan di sempurnakan
2
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
VII

Indikator sesuai dengan KI dan KD
Dilakukan penyempurnaan
VIII

Diskripsi kegiatan pembelajaran belum lengkap
Dibuatkan diskripsi dan disempurnakan
3
Bahasa Indonesia
VII

Sumber belajar belum lengkap
Dilengkapi dan dilakukan penyempurnaan
VIII

Diskripsi kegiatan pembelajaran belum lengkap
Dilengkapi dan di sempurnakan
4
Bahasa Inggris
VII

Diskripsi kegiatan pembelajaran belum lengkap
Dilengkapi dan di sempurnakan
VIII

Diskripsi kegiatan pembelajaran belum lengkap
Dilengkapi dan disempurnakan
5
Matematika
VII

Materi pembelajaran kurang lengkap
Dilengkapi dan dilakukan penyempurnaan
VIII

Sumber belajar tidak lengkap
Dilengkapi dan dilakukan penyempurnaan
6
Ilmu Pengetahuan Alam
VII

Diskripsi kegiatan pembelajaran belum lengkap
Dilengkapi dan disempurnakan
VIII

Sumber belajar belum lengkap
Dilengkapi dan dilakukan penyempurnaan
7
Ilmu Pengetahuan Sosial.
VII

RPP tidak disertai dengan pedoman penskoraan
Direvisi dan dilakukan penyempurnaan
VIII

Indikator tidak sesuai dengan KI dan KD
Direvisi dan dilakukan penyempurnaan
8
Seni Budaya
VII

Indikator tidak sesuai dengan KI dan KD
Direvisi dan dilakukan penyempurnaan
VIII

RPP tidak disertai dengan pedoman penskoraan
Dibuatkan pedoman pensekoran
9
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
VII

Indikator sesuai dengan KI dan KD
Dilakukan penyempurnaan
VIII

Diskripsi kegiatan pembelajaran belum lengkap
Dilengkapi dan di sempurnakan
10
Prakarya
VII

RPP tidak disertai dengan pedoman penskoraan
Dibuatkan pedoman pensekoran
VIII

Indikator tidak sesuai dengan KI dan KD
Direvisi dan dilakukan penyempurnaan



BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Setelah melakukan kegiatan  on the job learning , maka dapat disimpulkan bahwa :
1.       Pengkajian dan revisi kurikulum sekolah di sekolah perlu dilakukan dan di sempurnakan  secara terus menerus.
2.       Pengelolaan Kurikulum  di SMP Negeri 1 Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu, sudah dilaksanakan dengan baik, meskipun masih ada yang perlu disesuaikan dengan peraturan yang ada.
3.       Setelah dilakukan kajian ulang tentang Kurikulum yang lama, maka dibuat penyempurnaan Dokumen kurikulum dan RPP yang baru.
B.      Saran
Setelah melakukan analisis tentang pengelolaan PTK maka dapat disarankan sebagai berikut :
1.       Semua tenaga pendidik sebaiknya mengetahui dasar hukum dan uraian tentang kurikulum yang berlaku serta panduan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik dapat optimal.
2.       Pembinaan terhadap pendidik dalam rangka penyempurnaan pembuatan perangkat persiapan pembelajaran (RPP) diharapkan lebih meningkat dan berekesinambungan.
3.       Pendidik hendaknya selalu memperdalam wawasan keilmuannya sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan baik seiring dengan kemajuan iptek.
4.       Kepala sekolah hendaknya mengembangkan diri terus menerus sehingga dalam melaksanakan tugas pokoknya khususnya dalam pengelolaan Kurikulum sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.
5.       Segala kegiatan yang dilaksanakan di sekolah hendaknya sesuai dengan peraturan yang berlaku.



Komentar