Sering
guru menemui peserta didik di kelasnya yang sulit untuk mengemukakan pendapat
atau idenya, bahkan untuk bertanya pun tidak mau. Padahal dengan peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran, baik aktif
bertanya atau berpendapat akan membantu kelancaran, efektivitas, dan efisiensi
pencapaian tujuan pembelajaran.
Salah satu strategi pembelajaran yang dapat
meningkatkan motivasi dan keaktifan peserta didik dalam bertanya adalah dengan
metode Learning Start With A Question (LSQ). Strategi ini dapat menumbuhkan motivasi dan keaktifan siswa
dalam pembelajaran. Pengembangan strategi dapat menciptakan kondisi belajar
yang lebih menyenangkan dan dapat meraih prestasi belajar secara maksimal.
Learning Start With A Question adalah suatu strategi pembelajaran aktif dalam bertanya. Agar peserta didik aktif dalam bertanya, maka mereka diminta untuk mempelajari materi yang akan dipelajarinya, yaitu dengan membaca terlebih dahulu. Dengan membaca peserta didik memiliki gambaran tentang materi yang akan dipelajari, sehingga apabila dalam membaca atau membahas materi tersebut terjadi kesalahan konsep akan terlihat dan dapat dibahas serta dibenarkan secara bersama-sama.
Learning Starts With A Question merupakan suatu model pembelajaran kooperatif, dimana sistem belajar dimulai dari pertanyaan-pertanyaan peserta didik yang bekerja dalam kelompok-kelompok kecil yang berjumlah 4-6 orang secara kolaboratif . Kegiatan ini dapat merangsang peserta didik lebih bergairah dalam belajar karena mereka akan saling berdiskusi, membuat pertanyaan untuk menyelesaikan tugas.
Langkah-langkah Metode Learning Starts With a Question
1.
Guru memberikan bahan
bacaan untuk di bagikan kepada siswa.
2.
Guru meminta seorang siswa
untuk mempelajari sendiri atau dengan teman.
3.
Guru meminta siswa untuk
memberi tanda pada bagian bacaan yang sulit di pahami. Anjurkan untuk memberi
tanda sebanyak mungkin, dan meminta mereka untuk membahas poin-poin yang tidak
di ketahui yang di tandai dalam kelompok kecil.
4.
Di dalam pasangan atau
kelompok kecil, guru meminta peserta didik untuk materi yang telah mereka baca.
5.
Kumpulkan
pertanyaan-pertanyaan yang telah di tulis oleh peserta didik.
6.
Sampaikan pelajaran dengan
menjawab pertanyaan tersebut.
Kelebihan Learning Starts With A Question:
·
Merangsang
aktivitas peserta didik dalam bentuk ide, gagasan dalam pemecahan masalah.
·
Membiasakan
peserta didik untuk bertukar pikiran atau diskusi
·
Memberikan
keterampilan kepada peserta didik untuk menyajikan pendapat, mempertahankan,
menghargai dan menerima pendapat orang lain.
·
Cara
berpikir peserta didik menjadi lebih luas dalam menyelesaikan suatu masalah.
·
Memutuskan
hasil pemikiran bersama dan bertanggung jawab bersama-sama pula.
Kekurangan Learning Starts
With A Question:
·
Tidak
mudah menentukan masalah yang tingkat kesulitannya sesuai dengan tingkat
peserta didik
·
Pembicaraan
dimonopoli oleh peserta didik yang telah terbiasa dan terampil mengemukakan
pendapat.
·
Bagaimana
dengan Bapak Ibu? Apakah sudah pernah mencoba, atau tertarik untuk mencoba?
Model pembelajaran Learning Starts With A
Question ini
bisa untuk melatih peserta didik untuk lebih aktif bertanya, sehingga proses
pembelajaran bisa lebih dua arah dan peserta didik lebih aktif menyampaikan ide
atau gagasannya.
SekolahDasar.Net |
18/03/2013 | #Metode Pe
Komentar
Posting Komentar