Metode
pembelajaran Index Card Match dapat memupuk kerja sama siswa dalam menjawab
pertanyaan dengan mencocokkan kartu indeks yang ada di tangan mereka. Proses
pembelajaran ini lebih menarik karena siswa mencari pasangan sambil belajar
mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan.
Dalam metode ini siswa harus mengerjakan banyak tugas. Mereka harus menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar juga harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras.
Metode pembelajaran Index Card Match membuat siswa terbiasa aktif mengikuti pembelajaran sehingga aktivitas siswa meningkat. Metode ini dapat melatih pola pikir siswa karena dengan metode ini siswa dilatih kecepatan berpikirnya dalam mempelajari suatu konsep atau topik melalui pencarian kartu jawaban atau kartu soal.
Metode pembelajaran yang merupakan salah satu model Cooperative Learning ini adalah suatu cara pembelajaran aktif untuk meninjau ulang materi pelajaran dengan teknik mencari pasangan kartu indeks yang merupakan jawaban atau soal sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana menyenangkan. Metode ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Langkah-Langkah Penerapan Metode Index Card Match
·
Guru
membuat potongan-potongan kartu sebanyak jumlah siswa yang ada di dalam kelas.
·
Guru
membagi potongan kartu-kartu tersebut menjadi dua bagian yang sama.
·
Pada
separuh bagian potongan kartu-kartu, guru menuliskan pertanyaan tentang materi
yang akan dipelajari. Setiap kartu berisi satu pertanyaan.
·
Pada
separuh kartu yang lain, guru menuliskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan
yang telah dibuat.
·
Guru
mengocok semua kartu sehingga akan tercampur antara pertanyaan dan jawaban.
·
Guru
membagikan satu kartu kepada setiap siswa. Guru selanjutnya menjelaskan bahwa
ini adalah aktivitas yang dilakukan berpasangan. Separuh dari jumlah siswa akan
mendapatkan pertanyaan dan separuh yang lain akan mendapatkan jawaban.
·
Guru
meminta kepada siswa untuk menemukan pasangan mereka. Jika ada yang sudah
menemukan pasangan, guru meminta kepada mereka untuk duduk berdekatan. Guru
juga menjelaskan agar mereka tidak memberitahu materi yang mereka dapatkan
kepada teman yang lain.
·
Setelah
semua siswa menemukan pasangan dan duduk berdekatan, guru meminta kepada setiap
pasangan secara bergantian untuk membacakan pertanyaan yang diperoleh dengan
keras kepada teman-temannya yang lain. Selanjutnya pertanyaan tersebut dijawab
oleh pasangannya.
·
Guru
mengakhiri proses ini dengan membuat klarifikasi dan kesimpulan.
Kelebihan dan kelemahan Index Card Match
Kelebihan
Metode Pembelajaran Index Card Match
·
Menumbuhkan
kegembiraan dalam kegiatan belajar mengajar.
·
Materi
pelajaran yang disampaikan lebih menarik perhatian siswa.
·
Mampu
menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenagkan.
·
Mampu
meningkatkan hasil belajar siswa mencapai taraf ketuntasan belajar.
·
Penilaian
dilakukan bersama pengamat dan pemain
Kelemahan Metode Pembelajaran Index Card Match
·
Membutuhkan
waktu yang lama bagi siswa untuk menyelesaikan tugas dan prestasi.
·
Guru
harus meluangkan waktu yang lebih.
·
Lama
untuk membuat persiapan.
·
Guru harus
memiliki jiwa demokratis dan keterampilan yang memadai dalam hal pengelolaan
kelas.
·
Menuntut
sifat tertentu dari siswa atau kecenderungan untuk bekerja sama dalam
menyelesaikan masalah.
·
Suasana
kelas menjadi gaduh sehingga dapat mengganggu kelas.
Komentar
Posting Komentar