KURIKULUM 2013 DALAM PRESPEKTIF PEMBELAJARAN

PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN

Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang terdiri atas kegiatan mengamati (untuk mengidentifikasi masalah yang ingin/perlu diketahui), merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis), mengumpulkan data/informasi dengan berbagai teknik, mengolah/menganalisis data/informasi dan menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan jawaban/kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah-langkah tersebut dapat dilanjutkan dengan kegiatan mencipta.

PROSES PEMBELAJARAN DENGANPENDEKATAN SAINTIFIK

  1. Mengamati: SISWA mengamati FENOMENON dengan indra (membaca, mendengar, menyimak, melihat, menonton, dan sebagainya) dengan atau tanpa alat (untuk mengidentifikasi HAL-HAL yang ingin diketahui agar dapat melakukan tindakan tertentu).
  2. Menanya: SISWA merumuskan pertanyaan tentang hal-hal yang tidak diketahui dari fenomena yang diamati.
  3. Mencoba/mengumpulkan data (informasi): SISWA melakukan eksperimen, membaca sumber lain dan buku teks, mengamati objek/kejadian/aktivitas, wawancara dengan nara sumber untuk mengumpulkan data/informasi yang relevan dengan pertanyaan.
  4. Mengasosiasikan/mengolah informasi: SISWA mengolah informasi yang sudah dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan/menarik kesimpulan.
  5. Mengkomunikasikan: SISWA menyampaikan jawaban/kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya
  6. (Dapat dilanjutkan dengan) Mencipta: SISWA menginovasi, mencipta, mendisain model, rancangan, produk (karya) berdasarkan pengetahuan yang ‘dikonstruk’.

PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DENGAN METODE SAINTIFIK

  1. Bertindak sebagai narasumber/fasilitator.
  2. Mengatur/mengarahkan kegiatan-kegiatan belajar.
  3. Memberi umpan balik.
  4. Memberikan penjelasan.
  5. Tahap Observasi: Membantu peserta didik menemukan/mendaftar/ menginventarisasi apa saja yang ingin/perlu diketahui sehingga dapat melakukan/menciptakan sesuatu.
  6. Tahap Menanya: Membantu peseserta didik merumuskan pertanyaan berdasarkan daftar hal-hal yang perlu/ingin diketahui agar dapat melakukan/menciptakan sesuatu.
  7. Tahap Mencoba/mengumpulkan data (informasi): Membantu peserta didik merencanakan dan memperoleh data/informasi untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
  8. Tahap Mengasosiasikan/mengolah data (informasi): Mengolah/Membantu peserta didik mengolah/menganalisis data/informasi dan menarik kesimpulan.
  9. Tahap Mengkomunikasikan: Manager, pemberi umpan balik, pemberi penguatan, pemberi penjelasan/ informasi lebih luas.
  10. Tahap Mencipta: memberi contoh/gagasan, menyediakan pilihan, memberi dorongan, memberi penghargaan, sebagai anggota yang terlibat langsung.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
 Sekolah                                :
Mata pelajaran     :
Kelas/Semester   :
Materi Pembelajaran          :
Alokasi Waktu      :
a.       Kompetensi Inti (KI)
b.       Kompetensi Dasar
1.       KD pada KI-1
2.       KD pada KI-2
3.       KD pada KI-3
4.       KD pada KI-3
c.        Indikator Pencapaian Kompetensi*)
1.       Indikator KD pada KI-1
2.       Indikator KD pada KI-2
3.       Indikator KD pada KI-3
4.       Indikator KD pada KI-4
d.       Deskripsi Materi Pembelajaran (dapat berupa rincian, uraian, atau penjelasan materi pembelajaran)
e.       Kegiatan Pembelajaran
1.       Pertemuan Pertama: (...JP)
a.       Kegiatan Pendahuluan
b.       Kegiatan Inti**)
·         Mengamati
·         Menanya
·         Mengumpulkan informasi
·         Menalar
·         Mengomunikasikan
c.        Kegiatan Penutup
2.       Pertemuan Kedua: (...JP)
a.       Kegiatan Pendahuluan
b.       Kegiatan Inti**)
·         Mengamati
·         Menanya
·         Mengumpulkan informasi
·         Menalar
·         Mengomunikasikan
c.        Kegiatan Penutup
3.       Pertemuan seterusnya.
f.         Penilaian
1.       Teknik penilaian
2.       Instrumen penilaian dan pedoman penskoran
a.       Pertemuan Pertama
b.       Pertemuan Kedua
c.        Pertemuan seterusnya
g.       Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.       Media/alat
2.       Bahan
3.       Sumber Belajar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                 : ... (isi dengan nama sekolah)
Mata Pelajaran           : ... (isi dengan nama mapel)
Kelas/semester    : ... (isi dengan tingkat dan dengan kata satu atau dua yang relevan – dengan huruf)
Materi Pembelajaran          : ... (isi dengan tema/aspek/jenis teks sesuai istilah yang dipakai pada mata pelajaran yang bersangkutan)
Alokasi Waktu            : ... pertemuan (...  JP) (isi jumlah pertemuan dan jumlah jam pelajaran dengan memperhatikan jumlah jam per minggu dan penjadwalan; jumlah JP termasuk untuk alokasi ulangan yang terintegrasi dalam proses pembelajaran)
a.       Kompetensi Inti (KI)
1.       KI 1: ...
2.       KI 2: ...
3.       KI 3: ...
4.       KI 4: ...
b.      Kompetensi Dasar (KD)
1.       KD pada KI-1
2.       KD pada KI-2
3.       KD pada KI-3
4.       KD pada KI-3
(Tulis masing-masing satu atau lebih KD dari KI 1, 2, 3, dan 4 yang saling terkait).
c.       Indikator Pencapaian Kompetensi
1.         Indikator KD pada KI-1
2.         Indikator KD pada KI-2
3.         Indikator KD pada KI-3
4.         Indikator KD pada KI-4

Tulis masing-masing dua atau lebih indikator untuk masing-masing KD.
  Indikator untuk KD yang diturunkan dari KI-1 dan KI-2 dirumuskan dalam bentuk perilaku umum yang bermuatan nilai dan sikap yang gejalanya dapat diamati. 
  Indikator untuk KD yang diturunkan dari KI-3 dan KI-4 dirumuskan dalam bentuk perilaku spesifik yang dapat diamati dan terukur.

Contoh Indikator KI1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  (Matematika kelas VII)       
Indikator :
·         Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran
·    Menunjukkan ekspresi kekaguman  verbal dan nonverbal terhadap ciptaan Tuhan terkait  operasi hitung bilanganbulat
Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian (Seni Rupa kelas VII)
Indikator :
·         Mengakui kekurangan yang dimiliki
·         Menyerahkan hasil karya yang dihasilkan Sendiri
d.       Deskripsi Materi Pembelajaran (dapat berupa rincian, uraian, atau penjelasan materi pembelajaran)
Tulis tema/sub-tema dan butir-butir materi yang dicakup
e.       Kegiatan Pembelajaran
1.       Pertemuan Pertama: (...JP)
a.       Kegiatan Pendahuluan
b.       Kegiatan Inti**)
·         Mengamati
·         Menanya
·         Mengumpulkan informasi
·         Menalar
·         Mengomunikasikan
c.        Kegiatan Penutup
Kegiatan Pembelajaran: Pendahuluan
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1.       mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.       mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya  berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan;
3.       menyampaikan kompetensi yang akan  dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari; dan
4.       menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5.       menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
Kegiatan Pembelajaran: Inti
  Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. 
  Dalam kegiatan saintifik setelah mengomunikasikan dapat dilanjutkan dengan kegiatan mencipta.
  Pada kegiatan inti, kelima pengalaman belajar tidak harus muncul seluruhnya dalam satu pertemuan tetapi dapat dilanjutkan pada pertemuan berikutnya, tergantung cakupan muatan pembelajaran.
  Dalam setiap kegiatan guru harus memperhatikan perkembangan sikap peserta didik pada kompetensi dasar dari KI-1 dan KI-2 antara lain mensyukuri karunia Tuhan, jujur, teliti, kerja sama, toleransi, disiplin, taat aturan, menghargai pendapat orang lain.
Kegiatan Pembelajaran: Penutup
  Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik melakukan: (a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran; (b) refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan (c) memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Selanjutnya guru juga perlu melakukan: (a) melakukan penilaian; (b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan (c) menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
f.         Penilaian
1. Teknik penilaian
2. Instrumen penilaian dan pedoman penskoran
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan seterusnya
g.       Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
2. Bahan
3. Sumber Belajar
Media/alat
Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dsb.). CONTOH  cara menuliskan:
  Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di Situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
  Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di Situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
  Model: Nama model yang dimaksud
  Gambar: Judul gambar yang dimaksud
Realia: Nama benda yang dimaksud
Bahan
Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) semua bahan yang diperlukan.
Sumber Belajar
Tulis spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.).
CONTOH  cara menuliskan:
  Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
  Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor, Tahun, (halaman)
CONTOH  cara menuliskan:
  Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
  Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di Situs internet lengkap dengan Tanggal pengunduhan)
  Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud
  Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya

Lainnya (sesuai dengan aturan yang berlaku)

Komentar