KURIKULUM 2013 DALAM PRESPEKTIF PEMBELAJARAN
PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN
Pembelajaran
dengan pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang terdiri atas kegiatan
mengamati (untuk mengidentifikasi masalah yang ingin/perlu diketahui), merumuskan pertanyaan
(dan merumuskan
hipotesis),
mengumpulkan data/informasi
dengan berbagai teknik, mengolah/menganalisis
data/informasi dan
menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan jawaban/kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan,
keterampilan dan sikap. Langkah-langkah tersebut dapat dilanjutkan dengan kegiatan mencipta.
PROSES PEMBELAJARAN DENGANPENDEKATAN SAINTIFIK
- Mengamati: SISWA mengamati FENOMENON dengan indra (membaca, mendengar,
menyimak, melihat, menonton, dan sebagainya) dengan atau tanpa alat (untuk
mengidentifikasi HAL-HAL yang ingin diketahui agar dapat melakukan
tindakan tertentu).
- Menanya: SISWA merumuskan pertanyaan tentang hal-hal yang tidak
diketahui dari fenomena yang diamati.
- Mencoba/mengumpulkan data (informasi): SISWA melakukan eksperimen,
membaca sumber lain dan buku teks, mengamati objek/kejadian/aktivitas,
wawancara dengan nara sumber untuk mengumpulkan data/informasi yang
relevan dengan pertanyaan.
- Mengasosiasikan/mengolah informasi: SISWA mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan/menarik kesimpulan.
- Mengkomunikasikan: SISWA menyampaikan jawaban/kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya
- (Dapat dilanjutkan dengan) Mencipta: SISWA menginovasi, mencipta,
mendisain model, rancangan, produk (karya) berdasarkan pengetahuan yang
‘dikonstruk’.
PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DENGAN METODE SAINTIFIK
- Bertindak sebagai narasumber/fasilitator.
- Mengatur/mengarahkan kegiatan-kegiatan belajar.
- Memberi umpan balik.
- Memberikan penjelasan.
- Tahap Observasi: Membantu peserta didik menemukan/mendaftar/
menginventarisasi apa saja yang ingin/perlu diketahui sehingga dapat
melakukan/menciptakan sesuatu.
- Tahap Menanya: Membantu peseserta didik merumuskan pertanyaan
berdasarkan daftar hal-hal yang perlu/ingin diketahui agar dapat
melakukan/menciptakan sesuatu.
- Tahap Mencoba/mengumpulkan data (informasi): Membantu peserta didik
merencanakan dan memperoleh data/informasi untuk menjawab pertanyaan yang
telah dirumuskan.
- Tahap Mengasosiasikan/mengolah data (informasi): Mengolah/Membantu
peserta didik mengolah/menganalisis data/informasi dan menarik kesimpulan.
- Tahap Mengkomunikasikan: Manager, pemberi umpan balik, pemberi
penguatan, pemberi penjelasan/ informasi lebih luas.
- Tahap Mencipta: memberi contoh/gagasan, menyediakan pilihan, memberi
dorongan, memberi penghargaan, sebagai anggota yang terlibat langsung.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata pelajaran :
Kelas/Semester :
Materi Pembelajaran :
Alokasi Waktu :
a. Kompetensi
Inti (KI)
b.
Kompetensi Dasar
1.
KD pada KI-1
2.
KD pada KI-2
3.
KD pada KI-3
4.
KD pada KI-3
c.
Indikator Pencapaian Kompetensi*)
1.
Indikator KD pada KI-1
2.
Indikator KD pada KI-2
3.
Indikator KD pada KI-3
4.
Indikator KD pada KI-4
d.
Deskripsi Materi Pembelajaran (dapat berupa rincian,
uraian, atau penjelasan materi pembelajaran)
e.
Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan
Pertama: (...JP)
a. Kegiatan
Pendahuluan
b. Kegiatan
Inti**)
·
Mengamati
·
Menanya
·
Mengumpulkan informasi
·
Menalar
·
Mengomunikasikan
c.
Kegiatan Penutup
2. Pertemuan
Kedua: (...JP)
a. Kegiatan
Pendahuluan
b. Kegiatan
Inti**)
·
Mengamati
·
Menanya
·
Mengumpulkan informasi
·
Menalar
·
Mengomunikasikan
c.
Kegiatan Penutup
3. Pertemuan
seterusnya.
f.
Penilaian
1. Teknik
penilaian
2. Instrumen
penilaian dan pedoman penskoran
a. Pertemuan
Pertama
b. Pertemuan
Kedua
c.
Pertemuan seterusnya
g.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
2. Bahan
3. Sumber
Belajar
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah :
... (isi dengan nama sekolah)
Mata Pelajaran
: ... (isi dengan nama mapel)
Kelas/semester : ...
(isi dengan tingkat dan dengan kata satu atau dua yang relevan – dengan huruf)
Materi Pembelajaran : ... (isi dengan tema/aspek/jenis
teks sesuai istilah yang dipakai pada mata pelajaran yang bersangkutan)
Alokasi Waktu
: ... pertemuan (... JP)
(isi jumlah pertemuan dan jumlah jam pelajaran dengan memperhatikan jumlah jam
per minggu dan penjadwalan; jumlah JP termasuk untuk alokasi ulangan yang
terintegrasi dalam proses pembelajaran)
a.
Kompetensi Inti (KI)
1.
KI 1: ...
2.
KI 2: ...
3.
KI 3: ...
4.
KI 4: ...
b. Kompetensi Dasar (KD)
1.
KD pada KI-1
2. KD
pada KI-2
3. KD
pada KI-3
4. KD
pada KI-3
(Tulis
masing-masing satu atau lebih KD dari KI 1, 2, 3, dan 4 yang saling terkait).
c.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Indikator KD pada KI-1
2.
Indikator KD pada KI-2
3.
Indikator KD pada KI-3
4.
Indikator KD pada KI-4
Tulis
masing-masing dua atau lebih indikator untuk masing-masing KD.
Indikator
untuk KD yang diturunkan dari KI-1 dan KI-2 dirumuskan dalam bentuk perilaku
umum yang bermuatan nilai dan sikap yang gejalanya dapat diamati.
Indikator
untuk KD yang diturunkan dari KI-3 dan KI-4 dirumuskan dalam bentuk perilaku
spesifik yang dapat diamati dan terukur.
Contoh
Indikator KI1
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
(Matematika kelas VII)
Indikator
:
·
Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran
· Menunjukkan ekspresi kekaguman verbal
dan nonverbal terhadap ciptaan Tuhan terkait
operasi hitung bilanganbulat
Menunjukkan
sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian (Seni Rupa
kelas VII)
Indikator
:
·
Mengakui kekurangan yang dimiliki
·
Menyerahkan hasil karya yang dihasilkan Sendiri
d.
Deskripsi Materi Pembelajaran (dapat berupa rincian,
uraian, atau penjelasan materi pembelajaran)
Tulis tema/sub-tema dan butir-butir materi yang dicakup
e. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan
Pertama: (...JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan
Inti**)
·
Mengamati
·
Menanya
·
Mengumpulkan informasi
·
Menalar
·
Mengomunikasikan
c.
Kegiatan Penutup
Kegiatan
Pembelajaran: Pendahuluan
Dalam
kegiatan pendahuluan, guru:
1. mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan.
2. mendiskusikan
kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan
dipelajari dan dikembangkan;
3. menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari; dan
4.
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang
akan dilakukan.
5.
menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan.
Kegiatan
Pembelajaran: Inti
Guru
memfasilitasi peserta didik untuk melakukan proses mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan.
Dalam
kegiatan saintifik setelah mengomunikasikan dapat dilanjutkan dengan kegiatan
mencipta.
Pada
kegiatan inti, kelima pengalaman belajar tidak harus muncul seluruhnya dalam
satu pertemuan tetapi dapat dilanjutkan pada pertemuan berikutnya, tergantung
cakupan muatan pembelajaran.
Dalam
setiap kegiatan guru harus memperhatikan perkembangan sikap peserta didik pada
kompetensi dasar dari KI-1 dan KI-2 antara lain mensyukuri karunia Tuhan,
jujur, teliti, kerja sama, toleransi, disiplin, taat aturan, menghargai
pendapat orang lain.
Kegiatan
Pembelajaran: Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru bersama peserta didik melakukan: (a) membuat
rangkuman/simpulan pelajaran; (b) refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan; dan (c) memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran.
Selanjutnya
guru juga perlu melakukan: (a) melakukan penilaian; (b) merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan (c) menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
f.
Penilaian
1.
Teknik penilaian
2.
Instrumen penilaian dan pedoman penskoran
a.
Pertemuan Pertama
b.
Pertemuan Kedua
c.
Pertemuan seterusnya
g.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/alat
2.
Bahan
3.
Sumber Belajar
Media/alat
Tulis
spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart,
gambar, realia, dsb.). CONTOH cara
menuliskan:
Video/film:
Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di Situs internet lengkap dengan tanggal
pengunduhan)
Rekaman
audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di Situs internet lengkap dengan
tanggal pengunduhan)
Model:
Nama model yang dimaksud
Gambar:
Judul gambar yang dimaksud
Realia:
Nama benda yang dimaksud
Bahan
Tulis
spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) semua bahan yang diperlukan.
Sumber Belajar
Tulis
spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran,
situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.).
CONTOH cara menuliskan:
Buku
siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
Buku
referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan:
Penerbit (halaman)
Majalah:
Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor,
Tahun, (halaman)
CONTOH cara menuliskan:
Koran:
Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
Situs
internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di Situs internet lengkap
dengan Tanggal
pengunduhan)
Lingkungan
sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud
Narasumber:
Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya
Lainnya
(sesuai dengan aturan yang berlaku)
Komentar
Posting Komentar