EVALUASII DIRI SEKOLAH
TAHUN 2013

1)        Standar Kompetensi Lulusan
a)        Prestasi akademik peserta didik
·          Jumlah penghargaan yang diterima sekolah pada satu tahun terakhir
o    Tingkat kabupaten/kota:
o    Tingkat propinsi:
o    Tingkat nasional:
o    Tingkat internasional:
·          Rata-rata nilai ujian nasional:
o    Rata-rata nilai Ujian Nasional Matematika:
o    Rata-rata nilai Ujian Nasional Bahasa Indonesia:
o    Rata-rata nilai Ujian Nasional Bahasa Inggris:
o    Rata-rata nilai Ujian Nasional IPA:

b)        Lulusan dapat mengembangkan potensi secara penuh sebagai anggota masyarakat
Kompetensi peserta didik/lulusan berdasarkan evaluasi
YA
TIDAK
Lulusan memiliki keingintahuan dan budaya belajar


Lulusan mampu berpikir logis dan sistematis


Lulusan mampu berkomunikasi efektif dan santun



c)        Lulusan memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang mencerminkan kemampuan yang relevan untuk tingkat pendidikannya
Kompetensi peserta didik/lulusan berdasarkan evaluasi
YA
TIDAK
Lulusan menunjukkan sikap dan perilaku jujur, disiplin, bertanggungjawab, dan menghargai orang lain


Lulusan memiliki kemampuan berpikir dan bertindak produktif serta kreatif


Lulusan memiliki pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif



Grafik yang perlu dibuat:
·          Sikap dan perilaku peserta didik yang dapat dibanggakan
·          Sikap dan perilaku yang diamati
·          Pengetahuan peserta didik
·          Keterampilan peserta didik
·          Kompetensi peserta didik dalam berkomunikasi
·          Permasalahan sikap dan perilaku peserta didik (+ jumlah siswa bermasalah)

2)        Standar Isi
a)        Kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan peserta didik dan tingkat pendidikan
Struktur kurikulum
Semua
Sebagian
Tidak
Materi ajar sesuai dengan kurikulum nasional



Materi ajar sesuai dengan SKL



Materi ajar relevan dengan kebutuhan siswa




b)        Kurikulum disusun berdasarkan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum yang baku
Pengembangan kurikulum
Semua
Sebagian
Tidak
Kurikulum disusun secara logis dan sistematis



Menyeluruh dan berkesinambungan



Beragam dan terpadu



Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya



Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni



Belajar sepanjang hayat




c)        Kurikulum telah mencakup aspek pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sesuai dengan tingkat pendidikan
d)        Kurikulum dibuat secara berkesinambungan antar kelas dan antar tingkat pendidikan.

Grafik yang perlu dibuat:
·          Rancangan metode pembelajaran yang dikembangkan untuk mendukung pembelajaran aktif
·          Program layanan bimbingan yang dimuat dalam kurikulum sekolah
·          Dokumen data layanan BK
·          Proses pengembangan KTSP
·          Prinsip pengembangan KTSP
·          Jenis penilaian yang diterapkan
·          Syarat materi ajar yang dipertimbangkan
·          Keterkaitan materi ajar dengan kebutuhan  peserta didik
·          Karakteristik materi ajar untuk pengembangan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan budaya membaca/menulis.

3)        Standar Proses
a)        Perencanaan proses sesuai prinsip pembelajaran yang mendidik
Perencanaan Proses
Semua guru
Sebagian guru
Tidak dilakukan
Pembelajaran memperhatikan karakteristik peserta didik



Mengembangkan budaya membaca dan menulis



Mendorong partisipasi aktif peserta didik



Penggunaan sumber belajar yang relevan




b)        Proses pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik
Proses pembelajaran
Semua guru
Sebagian guru
Tidak dilakukan
Menganalisis daya serap peserta didik dan memperbaiki pembelajaran



Mengecek gaya belajar peserta didik dan menyesuaikan pembelajaran




c)        RPPdirancang untuk mencapai pembelajaran efektif
RPP pembelajaran efektif
Semua guru
Sebagian guru
Tidak dilakukan
Metode pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menarik



Keterkaitan dan keterpaduan antara SKL-standar isi-materi-kegiatan belajar-penilaian



Umpan balik dan tindak lanjut




d)        Peserta didik berpartisipasi aktif dan diberi kesempatan mengembangkan kompetensinya secara optimal
Pembelajaran efektif
Semua guru
Sebagian guru
Tidak dilakukan
Memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya



Melibatkan siswa dalam menggunakan media dan fasilitas belajar



Memperbanyak aktifitas siswa dalam membaca, menulis dan berbicara dalam belajar



Membuat laporan kegiatan hasil projek, eksperimen atau  penelitian



Melibatkan peserta didik dalam pembelajaran aktif untuk mengekplorasi fenomena alam dan social




e)        Proses pembelajaran meningkatkan keingintahuan dan budaya belajar peserta didik
Pembelajaran untuk meningkatkan keingintahuan dan budaya belajar
Semua guru
Sebagian guru
Tidak dilakukan
Memotivasi peserta didik untuk giat belajar pada kegiatan awal pembelajaran



Meningkatkan keingintahuan melalui pengamatan fenomena alam dan social



Melakukan pembelajaran secara inkuiri



Menumbuhkan kebiasaan membaca dan menyampaikan informasi yang diperoleh



mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk menganalisis sebuah permasalahan




f)         Guru menerapkan prinsip-prinsip PAKEM dan pengelolaan kelas yang tepat dalam pembelajaran
PAKEM dan pengelolaan kelas
Semua guru
Sebagian guru
Tidak dilakukan
Menyampaikan pelajaran tidak hanya ceramah, namun diselingi aktivitas lain yang tidak membosankan



Suara guru jelas didengar



Memberikan balikan



Berpenampilan rapi



Memberikan inspirasi




Grafik yang perlu dibuat (grafik pie):
·          Kegiatan guru dalam membuat perencanaan pembelajaran
·          Hal yang disampaikan guru pada awal semester
·          Aktifitas yang dilakukan guru untuk perbaikan proses pembelajaran
·          Kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal UN
·          Kesulitan peserta didik dalam menguasai materi pembelajaran
·          Jumlah percobaan/ekplorasi yang dilakukan peserta didik dalam satu semester
·          Jumlah karya yang dibuat peserta didik dalam satu semester
·          Jumlah buku/referensi yang ditugaskan untuk dibaca oleh peserta didik dalam satu semester
·          Sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran
·          Kegiatan belajar yang dilakukan di sekolah
·          Jenis kegiatan belajar yang dilakukan oleh masing-masing guru MAPEL (yang di-UN-kan)
·          Pelaksanaan pembelajaran untuk pembentukan karakter
·          Pelaksanaan pembelajaran untuk pengembangan kemampuan berkomunikasi (menurut guru)
·          Pembelajaran yang dialami peserta didik untuk pengembangan kemampuan berkomunikasi (menurut peserta didik)
·          Kesulitan guru dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi
·          Pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik
·          Kesulitan guru dalam menerapkan pembelajaran inovatif untuk mengembangkan kreatifitas
·          Pembelajaran untuk meningkatkan keingintahuan dan budaya belajar
·          Aktifitas guru di kelas dalam proses belajar mengajar
·          Tugas yang diberikan oleh guru
·          Keteladanan guru
·          Fasilitas yang digunakan oleh peserta didik dalam pembelajaran
·          TIK yang dimanfaatkan dalam pembelajaran
·          Supervisi yang dilakukan kepala sekolah (frekuensi, cara pemantauan, dan tindak lanjut)

4)        Standar Penilaian
a)        Penilaian dilakukan dengan mengikuti prinsip-prinsip penilaian yang baku
Penerapan semua Prinsip penilaian oleh guru
Semua guru
Sebagian guru
Tidak dilakukan
Obyektif



Terpadu



Ekonomis



Transparan



Akuntabel



Edukatif




b)        Penilaian dilakukan secara akurat dan komprehensif
Pelaksanaan penilaian
Semua guru
Sebagian guru
Tidak dilakukan
Instrumen yang digunakan sahih (valid)



Instrumen penilaian sikap menggunakan lembar observasi, jurnal, penilaian diri, dan penilaian antar teman



Instrumen penilaian pengetahuan menggunakan tes tertulis, tes lisan, dan instrument penugasan



Instrumen penilaian keterampilan menggunakan fortofolio, tes praktek, dan proyek




c)        Sekolah memanfaatkan penilaian untuk perbaikan proses pembelajaran
Pemanfaatan penilaian
Semua guru
Sebagian guru
Tidak dilakukan
Memantau kemajuan belajar



Memantau kesulitan belajar



Perbaikan proses pembelajaran




Grafikyang perlu dibuat (grafik pie)
·          Penyampaian prosedur dan criteria penilaian kepada peserta didik
·          Cara menilai karakter peserta didik
·          Cara menilai kompetensi peserta didik dalam berkomunikasi
·          Cara menilai kreatifitas peserta didik
·          Permasalahan guru dalam membuat penilaian sikap dan perilaku
·          Pemanfaatan hasil UN

5)        Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
a)        Jumlahdan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memenuhikriteria
·          Persentase guru yang memiliki ijazah S1/D4:
·          Persentase guru yang memiliki ijazah S2 atau S3:
·          Kesesuaian kompetensi guru dengan mata pelajaran yang diampu (persentase guru yang mengajar sesuai ijazah):
·          Kecukupan dan kesesuaian tenaga kependidikan
·          Tenaga administrasi:
·          Teknisi:
·          Pustakawan:

b)        Kinerja dan pembinaan PTK untuk peningkatan kualitas pembelajaran
Pembinaan guru
Semua guru
Sebagian guru
Tidak dilakukan
Peningkatan kemampuan dalam melakukan pembelajaran



Peningkatan kemampuan dalam melakukan penilaian




c)        Guru dan kepala sekolah dapat dijadikan teladan dalam bersikap dan berperilaku
Keteladanan guru dan kepala sekolah
Guru
Kepala Sekolah
Selalu hadir dalam mengajar


Menepati janji dan sportif dalam bertindak


Berani dan tegas dalam mempertahankan kebenaran


Bertanggung jawab dalam mengasuh kegiatan siswa


Memperhatikan dan membantu siswa yang menghadapi permasalahan belajar


Bersikap adil dalam memberikan penilaian


Menerima saran/kritik yang membangun dari peserta didik atau guru lain


Menghargai peserta didik dan menjalin komunikasi yang baik dengan semua orang



d)        Guru dan tenaga kependidikan menjalankan tugas di sekolah secara optimal
Kinerja guru di luar jam mengajar
Semua guru
Sebagian guru
Tidak dilakukan
Melakukan kegiatan administrasi



Berdiskusi dengan kelompok guru mata pelajaran untuk peningkatan mutu proses pembelajaran



Melakukan refleksi kegiatan pembelajaran dan membuat perbaikan RPP



Menelaah laporan tugas dan hasil ujian peserta didik



Membaca untuk persiapan mengajar



Merancang dan membuat media atau alat peraga untuk kegiatan pembelajaran



Mengumpulkan dan mempelajari berbagai informasi untuk membuat bahan ajar



Membuat instrumen evaluasi untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku




Grafik yang perlu dibuat:
·          Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam melakukan penilaian sikap, perilaku, dan keterampilan dalam tiga tahun terakhir
·          Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam tiga tahun terakhir.


6)        Standar Sarana dan Prasarana
a)        Saranadan prasarana sekolah sudah cukup, sesuai, dan memadai
Jumlah dan kondisi prasarana
Memadai
Kurang memadai
Tidak memadai
Ruang kelas



Ruang pimpinan



Ruang guru



Ruang perpustakaan



Ruang laboratorium



Ruang UKS



Ruang konseling



Bengkel (untuk SMK)



Lapangan olah raga



Jamban/toilet




Jumlah dan kondisi sarana
Memadai
Kurang memadai
Tidak memadai
Sarana ruang kelas (meja, kursi, dan papan tulis)



Sarana laboratorium



Sarana olah raga



Sarana perpustakaan




b)        Sarana dan prasarana sekolah dipergunakan untuk pembelajaran secara efektif dan efisien
Penggunaan sarana dan prasarana untuk pembelajaran
Sering
Jarang
Tidak digunakan
Penggunaan sarana laboratorium




c)        Sekolah dalam kondisi terpelihara baik
Kondisi sekolah
Layak
Rusak ringan
Rusak berat
Ruang kelas



Laboratorium




Grafik yang perlu dibuat
·          Penyebab rusaknya peralatan lab
·          Kondisi penggunaan sarana lab

7)        Standar Pembiayaan
a)        Sekolah memiliki pembiayaan yang memadai untuk pelaksanaan pendidikan yang berkualitas:
Alokasi pembiayaan
Memadai
Kurang memadai
Tidak ada
Operasional non-personal



Pembinaan peserta didik



Pemeliharaan sekolah



Pengadaan sarana/prasarana




b)        Sekolah memanfaatkan dana yang tersedia untuk peningkatan mutu pembelajaran
Alokasi pembiayaan
Memadai
Kurang memadai
Tidak ada
Peningkatan mutu PTK





c)        Pembiayaan pendidikan dilaksanakan secara transparan dan akuntabilitas
Pengolaan pembiayaan
Tersedia
Tidak tersedia
Catatan tahunan berupa dokumen investasi sarana dan prasarana


Pembukuan biaya operasional


Laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan




8)        Standar Pengelolaan
Analisis data EDS untuk komponen pengelolaan perlu dilakukan lebih teliti dengan menganalisis semua standar dan dikaitkan dengan beberapa hal sebagai berikut:
a)        Rencana sekolah dibuat berdasarkan analisis evaluasi diri dan analisis kebutuhan yang melibatkan semua para pihak yang relevan
b)        Pengelolaan sekolah dilakukan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dalam upaya mencapai visi sekolah
c)        Kepala sekolah melakukan supervisi pembelajaran yang ditindaklanjuti dengan aktifitas perbaikan pembelajaran
d)        Pelaksanaan rencana pengembangan sekolah/rencana kerja sekolah memiliki dampak terhadap peningkatan hasil belajar
e)        Interaksi antar kurikulum, proses, penilaian, PTK, sarpras, dan pembiayaan diatur di sekolah
f)         Bagaimana system dan manajemen sekolah yang efisien dan efektif serta relevan dengan lingkungan internal dan eksternal yang dapat diterapkan oleh sekolah ?

Komentar