EVALUASII DIRI SEKOLAH
TAHUN 2013
1)
Standar
Kompetensi Lulusan
a)
Prestasi akademik peserta didik
·
Jumlah penghargaan yang
diterima sekolah pada satu tahun terakhir
o
Tingkat kabupaten/kota:
o
Tingkat propinsi:
o
Tingkat nasional:
o
Tingkat internasional:
·
Rata-rata nilai ujian
nasional:
o
Rata-rata nilai Ujian
Nasional Matematika:
o
Rata-rata nilai Ujian
Nasional Bahasa Indonesia:
o
Rata-rata nilai Ujian
Nasional Bahasa Inggris:
o
Rata-rata nilai Ujian
Nasional IPA:
b)
Lulusan dapat mengembangkan potensi secara penuh sebagai anggota masyarakat
Kompetensi peserta didik/lulusan berdasarkan
evaluasi
|
YA
|
TIDAK
|
Lulusan
memiliki keingintahuan dan budaya belajar
|
|
|
Lulusan
mampu berpikir logis dan sistematis
|
|
|
Lulusan
mampu berkomunikasi efektif dan santun
|
|
|
c)
Lulusan memiliki sikap, pengetahuan, dan
keterampilan yang mencerminkan kemampuan yang relevan untuk tingkat
pendidikannya
Kompetensi
peserta didik/lulusan berdasarkan evaluasi
|
YA
|
TIDAK
|
Lulusan
menunjukkan sikap dan perilaku jujur, disiplin, bertanggungjawab, dan
menghargai orang lain
|
|
|
Lulusan
memiliki kemampuan berpikir dan bertindak produktif serta kreatif
|
|
|
Lulusan
memiliki pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif
|
|
|
Grafik yang
perlu dibuat:
·
Sikap dan perilaku peserta
didik yang dapat dibanggakan
·
Sikap dan perilaku yang
diamati
·
Pengetahuan peserta didik
·
Keterampilan peserta didik
·
Kompetensi peserta didik
dalam berkomunikasi
·
Permasalahan sikap dan
perilaku peserta didik (+ jumlah siswa bermasalah)
2)
Standar
Isi
a)
Kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan peserta didik dan
tingkat pendidikan
Struktur kurikulum
|
Semua
|
Sebagian
|
Tidak
|
Materi ajar sesuai dengan kurikulum nasional
|
|
|
|
Materi ajar sesuai dengan SKL
|
|
|
|
Materi ajar relevan dengan kebutuhan siswa
|
|
|
|
b)
Kurikulum disusun berdasarkan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
yang baku
Pengembangan kurikulum
|
Semua
|
Sebagian
|
Tidak
|
Kurikulum disusun secara logis dan sistematis
|
|
|
|
Menyeluruh dan berkesinambungan
|
|
|
|
Beragam dan terpadu
|
|
|
|
Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan
peserta didik dan lingkungannya
|
|
|
|
Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan
seni
|
|
|
|
Belajar sepanjang hayat
|
|
|
|
c)
Kurikulum
telah mencakup aspek pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang
sesuai dengan tingkat pendidikan
d)
Kurikulum
dibuat secara berkesinambungan antar kelas dan antar tingkat pendidikan.
Grafik
yang perlu dibuat:
·
Rancangan metode
pembelajaran yang dikembangkan untuk mendukung pembelajaran aktif
·
Program layanan bimbingan
yang dimuat dalam kurikulum sekolah
·
Dokumen data layanan BK
·
Proses pengembangan KTSP
·
Prinsip pengembangan KTSP
·
Jenis penilaian yang
diterapkan
·
Syarat materi ajar yang
dipertimbangkan
·
Keterkaitan materi ajar
dengan kebutuhan peserta didik
·
Karakteristik materi ajar
untuk pengembangan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan budaya
membaca/menulis.
3)
Standar
Proses
a)
Perencanaan proses sesuai prinsip pembelajaran yang mendidik
Perencanaan Proses
|
Semua guru
|
Sebagian guru
|
Tidak
dilakukan
|
Pembelajaran memperhatikan karakteristik peserta
didik
|
|
|
|
Mengembangkan budaya membaca dan menulis
|
|
|
|
Mendorong partisipasi aktif peserta didik
|
|
|
|
Penggunaan sumber belajar yang relevan
|
|
|
|
b)
Proses
pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik
Proses pembelajaran
|
Semua guru
|
Sebagian guru
|
Tidak
dilakukan
|
Menganalisis daya serap peserta didik
dan memperbaiki pembelajaran
|
|
|
|
Mengecek gaya belajar peserta didik dan menyesuaikan
pembelajaran
|
|
|
|
c)
RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif
RPP pembelajaran efektif
|
Semua guru
|
Sebagian guru
|
Tidak
dilakukan
|
Metode pembelajaran aktif, kreatif,
efektif, dan menarik
|
|
|
|
Keterkaitan dan keterpaduan antara
SKL-standar isi-materi-kegiatan belajar-penilaian
|
|
|
|
Umpan balik dan tindak lanjut
|
|
|
|
d)
Peserta didik berpartisipasi aktif dan diberi kesempatan
mengembangkan kompetensinya secara optimal
Pembelajaran efektif
|
Semua guru
|
Sebagian guru
|
Tidak dilakukan
|
Memberikan kesempatan pada siswa untuk
bertanya
|
|
|
|
Melibatkan siswa dalam menggunakan media
dan fasilitas belajar
|
|
|
|
Memperbanyak aktifitas siswa dalam
membaca, menulis dan berbicara dalam belajar
|
|
|
|
Membuat laporan kegiatan hasil projek,
eksperimen atau penelitian
|
|
|
|
Melibatkan peserta didik dalam
pembelajaran aktif untuk mengekplorasi fenomena alam dan social
|
|
|
|
e)
Proses pembelajaran meningkatkan keingintahuan dan budaya belajar peserta didik
Pembelajaran
untuk meningkatkan keingintahuan dan budaya belajar
|
Semua guru
|
Sebagian
guru
|
Tidak
dilakukan
|
Memotivasi peserta didik untuk giat
belajar pada kegiatan awal pembelajaran
|
|
|
|
Meningkatkan keingintahuan melalui
pengamatan fenomena alam dan social
|
|
|
|
Melakukan pembelajaran secara inkuiri
|
|
|
|
Menumbuhkan kebiasaan membaca dan
menyampaikan informasi yang diperoleh
|
|
|
|
mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber untuk menganalisis sebuah permasalahan
|
|
|
|
f)
Guru menerapkan prinsip-prinsip PAKEM dan
pengelolaan kelas yang tepat dalam pembelajaran
PAKEM dan pengelolaan kelas
|
Semua guru
|
Sebagian guru
|
Tidak dilakukan
|
Menyampaikan pelajaran tidak hanya
ceramah, namun diselingi aktivitas lain yang tidak membosankan
|
|
|
|
Suara guru jelas didengar
|
|
|
|
Memberikan balikan
|
|
|
|
Berpenampilan rapi
|
|
|
|
Memberikan inspirasi
|
|
|
|
Grafik
yang perlu dibuat (grafik pie):
·
Kegiatan guru dalam membuat
perencanaan pembelajaran
·
Hal yang disampaikan guru
pada awal semester
·
Aktifitas yang dilakukan
guru untuk perbaikan proses pembelajaran
·
Kesulitan peserta didik dalam
menyelesaikan soal UN
·
Kesulitan peserta didik
dalam menguasai materi pembelajaran
·
Jumlah percobaan/ekplorasi
yang dilakukan peserta didik dalam satu semester
·
Jumlah karya yang dibuat
peserta didik dalam satu semester
·
Jumlah buku/referensi yang ditugaskan
untuk dibaca oleh peserta didik dalam satu semester
·
Sumber belajar yang
digunakan dalam pembelajaran
·
Kegiatan belajar yang
dilakukan di sekolah
·
Jenis kegiatan belajar yang
dilakukan oleh masing-masing guru MAPEL (yang di-UN-kan)
·
Pelaksanaan pembelajaran
untuk pembentukan karakter
·
Pelaksanaan pembelajaran
untuk pengembangan kemampuan berkomunikasi (menurut guru)
·
Pembelajaran yang dialami
peserta didik untuk pengembangan kemampuan berkomunikasi (menurut peserta
didik)
·
Kesulitan guru dalam
meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi
·
Pelaksanaan pembelajaran
untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik
·
Kesulitan guru dalam
menerapkan pembelajaran inovatif untuk mengembangkan kreatifitas
·
Pembelajaran untuk
meningkatkan keingintahuan dan budaya belajar
·
Aktifitas guru di kelas
dalam proses belajar mengajar
·
Tugas yang diberikan oleh
guru
·
Keteladanan guru
·
Fasilitas yang digunakan
oleh peserta didik dalam pembelajaran
·
TIK yang dimanfaatkan dalam
pembelajaran
·
Supervisi yang dilakukan
kepala sekolah (frekuensi, cara pemantauan, dan tindak lanjut)
4)
Standar
Penilaian
a)
Penilaian
dilakukan dengan mengikuti prinsip-prinsip penilaian yang baku
Penerapan
semua Prinsip penilaian oleh guru
|
Semua guru
|
Sebagian guru
|
Tidak
dilakukan
|
Obyektif
|
|
|
|
Terpadu
|
|
|
|
Ekonomis
|
|
|
|
Transparan
|
|
|
|
Akuntabel
|
|
|
|
Edukatif
|
|
|
|
b)
Penilaian
dilakukan secara akurat dan komprehensif
Pelaksanaan
penilaian
|
Semua guru
|
Sebagian guru
|
Tidak
dilakukan
|
Instrumen yang digunakan sahih (valid)
|
|
|
|
Instrumen penilaian sikap menggunakan
lembar observasi, jurnal, penilaian diri, dan penilaian antar teman
|
|
|
|
Instrumen penilaian pengetahuan
menggunakan tes tertulis, tes lisan, dan instrument penugasan
|
|
|
|
Instrumen penilaian keterampilan
menggunakan fortofolio, tes praktek, dan proyek
|
|
|
|
c)
Sekolah memanfaatkan penilaian untuk perbaikan proses pembelajaran
Pemanfaatan
penilaian
|
Semua guru
|
Sebagian guru
|
Tidak
dilakukan
|
Memantau kemajuan belajar
|
|
|
|
Memantau kesulitan belajar
|
|
|
|
Perbaikan proses pembelajaran
|
|
|
|
Grafikyang perlu dibuat (grafik pie)
·
Penyampaian prosedur dan
criteria penilaian kepada peserta didik
·
Cara menilai karakter
peserta didik
·
Cara menilai kompetensi
peserta didik dalam berkomunikasi
·
Cara menilai kreatifitas
peserta didik
·
Permasalahan guru dalam
membuat penilaian sikap dan perilaku
·
Pemanfaatan hasil UN
5)
Standar
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
a)
Jumlahdan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memenuhikriteria
·
Persentase guru yang
memiliki ijazah S1/D4:
·
Persentase guru yang
memiliki ijazah S2 atau S3:
·
Kesesuaian kompetensi guru
dengan mata pelajaran yang diampu (persentase guru yang mengajar sesuai
ijazah):
·
Kecukupan dan kesesuaian
tenaga kependidikan
·
Tenaga administrasi:
·
Teknisi:
·
Pustakawan:
b)
Kinerja dan pembinaan
PTK untuk peningkatan kualitas pembelajaran
Pembinaan
guru
|
Semua guru
|
Sebagian guru
|
Tidak
dilakukan
|
Peningkatan kemampuan dalam melakukan
pembelajaran
|
|
|
|
Peningkatan kemampuan dalam melakukan
penilaian
|
|
|
|
c)
Guru dan kepala
sekolah dapat dijadikan teladan dalam bersikap dan berperilaku
Keteladanan
guru dan kepala sekolah
|
Guru
|
Kepala
Sekolah
|
Selalu hadir dalam mengajar
|
|
|
Menepati janji dan sportif dalam
bertindak
|
|
|
Berani dan tegas dalam mempertahankan kebenaran
|
|
|
Bertanggung jawab dalam mengasuh
kegiatan siswa
|
|
|
Memperhatikan dan membantu siswa yang
menghadapi permasalahan belajar
|
|
|
Bersikap adil dalam memberikan penilaian
|
|
|
Menerima saran/kritik yang membangun
dari peserta didik atau guru lain
|
|
|
Menghargai peserta didik dan menjalin
komunikasi yang baik dengan semua orang
|
|
|
d)
Guru dan tenaga
kependidikan menjalankan tugas di sekolah secara optimal
Kinerja guru
di luar jam mengajar
|
Semua guru
|
Sebagian guru
|
Tidak
dilakukan
|
Melakukan kegiatan administrasi
|
|
|
|
Berdiskusi dengan kelompok guru mata
pelajaran untuk peningkatan mutu proses pembelajaran
|
|
|
|
Melakukan refleksi kegiatan pembelajaran
dan membuat perbaikan RPP
|
|
|
|
Menelaah laporan tugas dan hasil ujian
peserta didik
|
|
|
|
Membaca untuk persiapan mengajar
|
|
|
|
Merancang dan membuat media atau alat
peraga untuk kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
Mengumpulkan dan mempelajari berbagai
informasi untuk membuat bahan ajar
|
|
|
|
Membuat instrumen evaluasi untuk
mengukur pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku
|
|
|
|
Grafik
yang perlu dibuat:
·
Peningkatan kemampuan
bapak/ibu dalam melakukan penilaian sikap, perilaku, dan keterampilan dalam
tiga tahun terakhir
·
Peningkatan kemampuan
bapak/ibu dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif untuk
meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam tiga tahun terakhir.
6)
Standar
Sarana dan Prasarana
a)
Saranadan prasarana sekolah sudah cukup, sesuai, dan memadai
Jumlah dan
kondisi prasarana
|
Memadai
|
Kurang
memadai
|
Tidak memadai
|
Ruang kelas
|
|
|
|
Ruang pimpinan
|
|
|
|
Ruang guru
|
|
|
|
Ruang perpustakaan
|
|
|
|
Ruang laboratorium
|
|
|
|
Ruang UKS
|
|
|
|
Ruang konseling
|
|
|
|
Bengkel (untuk SMK)
|
|
|
|
Lapangan olah raga
|
|
|
|
Jamban/toilet
|
|
|
|
Jumlah dan
kondisi sarana
|
Memadai
|
Kurang
memadai
|
Tidak memadai
|
Sarana ruang kelas (meja, kursi, dan
papan tulis)
|
|
|
|
Sarana laboratorium
|
|
|
|
Sarana olah raga
|
|
|
|
Sarana perpustakaan
|
|
|
|
b)
Sarana
dan prasarana sekolah dipergunakan untuk pembelajaran secara efektif dan
efisien
Penggunaan
sarana dan prasarana untuk pembelajaran
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak
digunakan
|
Penggunaan sarana laboratorium
|
|
|
|
c)
Sekolah
dalam kondisi terpelihara baik
Kondisi
sekolah
|
Layak
|
Rusak ringan
|
Rusak berat
|
Ruang kelas
|
|
|
|
Laboratorium
|
|
|
|
Grafik yang perlu dibuat
·
Penyebab rusaknya peralatan
lab
·
Kondisi penggunaan sarana lab
7)
Standar
Pembiayaan
a)
Sekolah
memiliki pembiayaan yang memadai untuk pelaksanaan pendidikan yang berkualitas:
Alokasi
pembiayaan
|
Memadai
|
Kurang
memadai
|
Tidak ada
|
Operasional non-personal
|
|
|
|
Pembinaan peserta didik
|
|
|
|
Pemeliharaan sekolah
|
|
|
|
Pengadaan sarana/prasarana
|
|
|
|
b)
Sekolah
memanfaatkan dana yang tersedia untuk peningkatan mutu pembelajaran
Alokasi
pembiayaan
|
Memadai
|
Kurang
memadai
|
Tidak ada
|
Peningkatan mutu PTK
|
|
|
|
c)
Pembiayaan
pendidikan dilaksanakan secara transparan dan akuntabilitas
Pengolaan
pembiayaan
|
Tersedia
|
Tidak
tersedia
|
Catatan tahunan berupa dokumen investasi
sarana dan prasarana
|
|
|
Pembukuan biaya operasional
|
|
|
Laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan
|
|
|
8)
Standar
Pengelolaan
Analisis data EDS untuk komponen pengelolaan perlu
dilakukan lebih teliti dengan menganalisis semua standar dan dikaitkan dengan
beberapa hal sebagai berikut:
a)
Rencana
sekolah dibuat berdasarkan analisis evaluasi diri dan analisis kebutuhan yang
melibatkan semua para pihak yang relevan
b)
Pengelolaan
sekolah dilakukan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dalam upaya
mencapai visi sekolah
c)
Kepala
sekolah melakukan supervisi pembelajaran yang ditindaklanjuti dengan aktifitas
perbaikan pembelajaran
d)
Pelaksanaan
rencana pengembangan sekolah/rencana kerja sekolah memiliki dampak terhadap
peningkatan hasil belajar
e)
Interaksi
antar kurikulum, proses, penilaian, PTK, sarpras, dan pembiayaan diatur di
sekolah
f)
Bagaimana
system dan manajemen sekolah yang efisien dan efektif serta relevan dengan
lingkungan internal dan eksternal yang dapat diterapkan oleh sekolah ?
Komentar
Posting Komentar